Miliki Keturunan Diabetes? Waspada Lemak Tubuh

loading...
Miliki Keturunan Diabetes? Waspada Lemak Tubuh
Memiliki riwayat keturunan diabetes berkaitan dengan berbagai macam risiko kesehatan. Berdasarkan penelitian diabetes ternyata lebih berisiko mengalami kegemukan atau obesitas. Foto/Iastimewa.
A+ A-
JAKARTA - Memiliki riwayat keturunan diabetes berkaitan dengan berbagai macam risiko kesehatan. Sebuah penelitian yang melibatkan 10.197 responden menunjukkan bahwa mereka yang memiliki riwayat keturunan diabetes ternyata lebih berisiko mengalami kegemukan atau obesitas.

Selain itu, dengan berat badan yang sama, risiko terkena diabetes dan penyakit jantung juga lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan adanya kecenderungan penumpukan lemak visceral dan lemak ektopik atau penumpukan lemak di luar jaringan lemak seperti pada pankreas, hati atau otot jantung. (Baca juga: Waspada! Anak Lemas dan Tak Konsentrasi Bisa Jadi Kurang Zat Gizi Mikro)

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews, riwayat keturunan keluarga tidak dapat diubah, karena itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap sehat. Di antaranya adalah menjaga berat badan pada kisaran normal, mengatur pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Sementara itu, diabetes merupakan suatu kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah, atau dikenal sebagai gula darah. Hormon insulin memindahkan gula dari darah ke dalam sel untuk disimpan atau digunakan sebagai energi. Dengan diabetes, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dibuatnya.

Tanpa pengelolaan yang hati-hati dan berkelanjutan, diabetes dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko komplikasi berbahaya, termasuk stroke dan penyakit jantung. Ada beberapa jenis diabetes yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, pradiabetes dan diabetes gestasional.



Berbagai jenis diabetes dapat terjadi, dan penanganan kondisi tergantung pada jenisnya. Tidak semua bentuk diabetes berasal dari seseorang yang kelebihan berat badan atau menjalani gaya hidup yang tidak aktif. Bahkan, ada pula yang hadir sejak kecil. Setiap jenis diabetes memiliki gejala, penyebab, dan pengobatan yang unik. (Baca juga: 8 Tahun Noah, Ariel Mengaku Jenuh dan Sempat Mikir Mundur)

Adapun gejala umum diabetes meliputi kelaparan meningkat, haus meningkat, penurunan berat badan, sering buang air kecil, penglihatan kabur, kelelahan ekstrim dan luka yang tidak kunjung sembuh.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top