4 Jenis Olahraga Ini Efektif Turunkan Kadar Kolesterol

loading...
4 Jenis Olahraga Ini Efektif Turunkan Kadar Kolesterol
Terlalu banyak kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kondisi serius lainnya. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak yang ditemukan dalam darah. Kolesterol baik dan buruk, berasal dari dua sumber. Hati membuat semua kolesterol yang dibutuhkan, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari beberapa makanan seperti daging, telur, unggas, dan produk susu.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel, tetapi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner. (Baca juga: Diet Keto Bermanfaat Lawan Diabetes, Kanker hingga Alzheimer)

Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol bukan hanya zat lilin yang menyumbat arteri. Ada komponen lain yang perlu dipertimbangkan juga. Misalnya, memiliki lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik.

Sementara, konsentrasinya dapat memengaruhi kadar kolesterol. Terlalu banyak kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kondisi serius lainnya. Memiliki kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Karenanya, tes darah rutin adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah kadar kolesterol Anda sehat.



Dokter akan meminta untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin, atau jika Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko seperti riwayat penyakit jantung keluarga, merokok, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, obesitas atau kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik dan diet atau makan makanan tinggi lemak jenuh serta usia, semakin tua meningkatkan risiko penyakit jantung. (Baca juga: Penting buat Orangtua, Kenali Gejala Kanker pada Anak)

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga teratur bersama dengan diet sehat dan pengobatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Menurut Harvard Health, aktivitas seperti jalan cepat meningkatkan jumlah HDL. Selain itu, latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung, ternyata meningkatkan aktivitas anti-inflamasi HDL sejauh ini.

“Sejauh ini, pengobatan berfokus pada penurunan LDL1. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk mengatur kadar kolesterol Anda. Meningkatkan kerja HDL juga. HDL adalah komponen yang membantu mengurangi penumpukan kolesterol. Dan ditemukan bahwa cara termudah untuk meningkatkan HDL bukanlah dengan meminum obat-obatan (yang tersedia sebagai pilihan) tetapi dengan aktif dan berolahraga,” kata Dr Jitesh Bhatt, Pimpinan Tim Produk Klinis, Wellthy Therapeutics.



Nah, dilansir dari Times Now News, ada beberapa olahraga yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top