8 Cara Merawat Sepatu Kets Putih agar Tetap Terlihat Baru

Sabtu, 19 September 2020 - 04:03 WIB
loading...
8 Cara Merawat Sepatu Kets Putih agar Tetap Terlihat Baru
Sepatu kets warna putih memang terlihat menarik, tetapi juga terkenal sulit dijaga kebersihannya. Ini karena warna putih mudah kotor, meski hanya terpapar debu atau tanah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Memiliki apapun yang berwarna putih selalu berisiko, terutama terkait alas kaki, seperti sepatu kets putih yang terkenal sulit dijaga kebersihannya. Warna putih memang mudah kotor, meski hanya terpapar debu atau tanah.

Baik musim panas maupun musim hujan, sepatu kets putih lebih kotor dibandingkan jenis sepatu lainnya. Tidak seperti pakaian, Anda tidak bisa begitu saja memasukkan sepasang sepatu kets ke dalam mesin cuci.

Sepatu membutuhkan proses yang sama sekali berbeda untuk membuatnya tetap memiliki warna putih yang mempesona. Tapi bagaimana caranya membuat sepatu kets putih terlihat seperti baru? Stylist dan pakar alas kaki telah membagikan tips terbaik mereka dilansir dari Metro. (Baca juga: Faith Industries Terus Berkembang sebagai Fashion Pop Culture )

1. Segera bersihkan noda
Bagaimana Anda bisa cepat menghilangkan noda pada pakaian, hal yang sama berlaku untuk alas kaki. Naomi Wainwright, dari Daniel Footwear, mengatakan, noda harus dihilangkan secepat mungkin untuk menghindari noda pada sepatu.

"Solusi DIY dapat dibuat untuk menghilangkan noda, yang terdiri dari air dan soda kue (atau cairan bubuk pencuci). Anda harus menggosokkan larutan dengan hati-hati ke noda, dan setelah beberapa menit, seka larutan dengan kain lembab. Untuk noda yang lebih keras, ulangi prosesnya," kata Mainwright.

2. Membenturkan sepatu
"Mulailah dengan membenturkan sepatu Anda agar lumpur atau debu bisa lepas secara alami. Teknik ini akan membantu membersihkan sepatu dari kotoran atau debu berlebih. Langkah ini perlu dilakukan di luar atau di depan pintu untuk menghindari kotoran di seluruh lantai," ujar stylist Ryan Kay.

3. Gunakan sikat gigi
Sikat gigi biasanya digunakan untuk membersihkan, khususnya dibagian-bagian mengganggu yang terlalu rumit untuk peralatan pembersih yang lebih besar.

"Ambil sikat gigi atau kain bekas yang basah. Tambahkan air hangat dan sabun ke sepatu Anda. Pastikan untuk menggosok dengan lembut. Dengan menggunakan sikat gigi, Anda akan dapat mencapai tempat-tempat yang sulit dijangkau itu," lanjut Kay. (Baca juga: Drama "Flower Of Evil" Mencapai Rating Tertinggi )

4. Lepas tali sepatu
Karena bahannya, tali sepatu membutuhkan lebih banyak pencucian dibandingkan dengan sepatu kets lainnya. Para ahli merekomendasikan untuk melepas tali dan merendamnya dalam air hangat dengan deterjen atau larutan penghilang noda. Melepas tali sepatu juga akan membantu Anda membersihkan bagian sepatu yang lain dengan lebih baik, karena Anda akan dapat mencapai semua sudut dan celah.

5. Simpan dengan benar
Tidak ada gunanya melakukan semua upaya pembersihan jika Anda hanya akan menyimpan sepatu kets di lemari dengan sepatu berlumpur lainnya setelahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)