Desainer Bora Aksu Terinspirasi Pandemi saat Tampil di London Fashion Week

Sabtu, 19 September 2020 - 15:03 WIB
loading...
Desainer Bora Aksu Terinspirasi Pandemi saat Tampil di London Fashion Week
Desainer Turki Bora Aksu mengaku pandemi virus corona menginspirasi koleksi terbarunya yang ditampilkan di London Fashion Week. Rancangannya kembali ke seratus tahun saat pandemi flu Spanyol. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Desainer Turki Bora Aksu mengaku pandemi virus corona menginspirasi koleksi terbarunya, yang melihat kembali lebih dari seratus tahun ke pandemi flu Spanyol dan akhir Perang Dunia Pertama.

COVID-19 berarti bahwa peragaan busana Aksu pada Jumat (18/9/2020) adalah satu dari hanya empat pertunjukan yang berlangsung di London Fashion Week, menurut British Fashion Council, dibandingkan dengan 46 pertunjukan yang berlangsung di acara tersebut September lalu. (Baca juga: Kilau Konser Betrand Peto Persembahan MNCTV Penuh Kejutan )

Perancang ternama ini mengatakan bahwa setelah periode isolasi di awal tahun karena pandemi, dia merasa tidak memiliki pertunjukan tradisional untuk memberi sentuhan dalam rancangannya.

"Ini sangat mempengaruhi semua kehidupan kami dan cara kami beroperasi dan bekerja sehingga saya tidak dapat melepaskan diri darinya," kata Aksu.

Namun, masa karantina membuatnya berpikir tentang pandemi flu yang terjadi pada 1918 dan waktu berkabung yang menyertainya di akhir perang, dan periode yang jauh lebih optimis setelahnya.

Untuk koleksinya, dia pun membuat gaun putih mengambang dengan kaus kaki panjang dan sepatu bot putih mencerminkan pakaian minimal perawat yang merawat korban luka perang dan mereka yang menderita flu.

Berjalan di bawah sinar matahari musim gugur London, para model yang mengenakan cadar tipis, juga memamerkan gaun bertingkat dalam nuansa pastel merah jambu dan biru, dan ungu tua, dengan motif dan renda.

"Koleksi dan fesyen sebenarnya harus mencerminkan waktu yang kita lalui," kata Aksu kepada Reuters. (Baca juga: Suzy Bermimpi Menjadi Steve Jobs dari Korea Selatan )

Dia berkata bahwa dia ingin mengirimkan pesan harapan dengan mengingatkan orang-orang bahwa setelah Perang Dunia Pertama dan pandemi flu Spanyol, masa-masa indah diikuti banyak orang di awal 1920-an.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)