4 Hal yang Perlu Anda Ajarkan pada Anak dengan Memberi Contoh

Sabtu, 19 September 2020 - 16:09 WIB
loading...
4 Hal yang Perlu Anda Ajarkan pada Anak dengan Memberi Contoh
Anak-anak dapat menyerap apa yang mereka lihat dan amati. Pikiran mereka diibaratkan tanah liat yang mudah dibentuk. Jadi, penting menanamkan kebiasaaan baik sejak dini. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Anak-anak dapat menyerap apa yang mereka lihat dan amati. Pikiran muda mereka diibaratkan tanah liat yang dapat dibentuk sesuai keinginan Anda.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk menanamkan beberapa kebiasaan baik yang diperlukan pada anak Anda sejak awal. (Baca juga: Kontroversi Novel 'Shine' Milik Jessica yang Menyudutkan Girls 'Generation? )

Anda dapat membuat mereka mengerti tentang pentingnya dan menguliahi mereka tentang menjadi orang baik, tapi cara tercepat untuk membuat mereka mengerti adalah dengan melakukannya sendiri. Artinya Anda member contoh kepada anak-anak Anda agar mereka meniru apa yang Anda lakukan.

Seperti dilansir Times of India, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan sendiri untuk memberikan contoh yang tepat bagi anak Anda.

1. Pentingnya rasa syukur
Menanamkan rasa syukur adalah cara terbaik untuk tetap membumi. Ungkapkan rasa terima kasih Anda karena telah memiliki makanan di piring Anda, dan bahkan untuk hari yang baik. Jadikan itu ritual dan buat anak Anda mempraktikkannya bersama Anda. Simpan jurnal rasa syukur dan buat jurnal baru di dalamnya setiap hari sebelum tidur. Ini tidak hanya akan membantu Anda terikat dengan anak Anda, tetapi akan membuat mereka menghargai hari itu.

2. Tidak membeda-bedakan
Ajari anak Anda tentang bagaimana mereka harus memperlakukan jenis kelamin secara setara. Anda dapat melakukannya dengan membuat beberapa perubahan di rumah Anda sendiri. Bagilah tugas rumah tangga antara putra dan putri Anda secara merata. Ini akan membuat mereka mengerti bahwa tidak satupun dari mereka memiliki keunggulan atas yang lain dan akan selalu diperlakukan sama.

3. Bersikap hormat dan sopan
Jika Anda memiliki masalah temperamen, Anda mungkin juga pernah melihat hal yang sama dalam sikap anak Anda. Demikian pula, cara Anda berbicara dan berperilaku juga ditiru oleh anak Anda. Inilah sebabnya mengapa memberikan teladan yang tepat untuk pikiran muda diperlukan. (Baca juga: Mengenal Sifat Cemburu 12 Zodiak Pasangan Anda, Unik-unik Lho! )

Bicaralah dengan sopan kepada semua orang di sekitar Anda, hormati orang-orang dari segala usia dan lihat anak Anda melakukan hal yang sama. Buatlah anak Anda mengerti bahwa hanya kerendahan hati dan sifat suka menolong yang akan membuatnya dihormati di semua bidang kehidupan.

4. Membantu orang lain
Dengan tepat dikatakan bahwa 'amal dimulai di rumah'. Anda tidak perlu menyumbangkan uang dalam jumlah besar untuk mengajari anak-anak Anda tentang membantu orang lain. Bawa mereka ke panti jompo, ajak mereka ambil bagian dalam kegiatan amal, atau biarkan mereka menjadi sukarelawan di acara amal. Kegiatan ini tidak hanya akan mengajarkan mereka tentang kemanusiaan, juga akan menanamkan dalamnya perasaan melakukan sesuatu untuk masyarakat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)