Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah

Kamis, 14 Mei 2026 - 07:05 WIB
loading...
Jangan Salah, Gula dari...
Buah semangka mengandur gula cukup tinggi, penderita diabetes harus batasi kosumsinya. Foto: Health
A A A
JAKARTA - Mengontrol asupan gula menjadi satu keharusan bagi penderita diabetes . Namun terkadang asupan gula yang dikontrol hanyalah asupan dari makanan yang dinilai mengandung gula negatif.

Padahal, asupan gula dari buah juga menjadi satu ancaman bagi penderita diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan. Influencer kesehatan, dr. Tirta Mandiri Hudhi dalam unggahan video di channel YouTube miliknya bernama Tirta PengPengPeng mengungkapkan bahwa mengontrol konsumen gula dari buah bagi penderita diabetes tergantung dari status diabetes yang diderita.

“Jadi penderita diabetes itu tergantung status diabetesnya, terkontrol atau tidak. Kan dia penyakit yang memang bisanya dikontrol. Sembuh total itu sulit, tapi bisanya dikontrol,” ungkap dr. Tirta, dikutip Kamis (14/5/2026).

Baca Juga : Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula

Ia menyebut bahwa penderita diabetes harus mengontrol asupan gula mereka baik dari konsumsi makanan dengan kandungan gula yang dinilai negatif termasuk juga kandungan gula dari buah.

“Nah, untuk orang-orang penderita diabetes, siapapun kalian nonton, itu harus mengontrol makanannya. Apapun yang mengandung gula. Even itu tepung, nasi, dan buah,” ucap dia.

Hal itu dikarenakan asupan gula bagi penderita diabetes tidak dilihat dari anggapan apakah gula tersebut baik atau tidak. Namun ditentukan dari seberapa banyak asupan gula yang dikonsumsi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Stop Pakai Sarung Tangan...
Stop Pakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!
Jangan Tunggu Sirosis,...
Jangan Tunggu Sirosis, Dokter Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Hati Sejak Dini
3 Gerakan Sederhana...
3 Gerakan Sederhana agar Tubuh Lebih Segar dan Tidak Kaku saat Bangun Tidur
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Rekomendasi
Sikapi Gejolak Ekonomi,...
Sikapi Gejolak Ekonomi, Partai Perindo Sodorkan Risalah Kebijakan untuk BI dan Pemerintah
Pejuang Hizbullah Sergap...
Pejuang Hizbullah Sergap Pasukan Israel di Lebanon
Untuk pertama Kalinya...
Untuk pertama Kalinya dalam Sejarah, Vaksin Buatan AI Diuji pada Manusia
Berita Terkini
Ruben Onsu Unggah Video...
Ruben Onsu Unggah Video Giorgio Ngopi di Rumah Sarwendah, Captionnya Bikin Heboh
Nikahi Jennifer Coppen,...
Nikahi Jennifer Coppen, Justin Hubner Berikan Mahar 12 Gram Emas dan Uang 2.026 Euro
Bela Ruben Onsu, Betrand...
Bela Ruben Onsu, Betrand Peto Mengaku Pernah Ditampar Keluarga Sarwendah
Baskara Putra Raih Penghargaan...
Baskara Putra Raih Penghargaan Musik Bergengsi di Jepang Lewat Lagu 'everything u are'
Bawakan Lagu Goal, Lisa...
Bawakan Lagu 'Goal', Lisa BLACKPINK Buka Piala Dunia 2026 dengan Penampilan Spektakuler
Erick Thohir Terharu...
Erick Thohir Terharu Saksikan Pernikahan Justin Hubner dan Jennifer Coppen
Infografis
10 Buah Rendah Gula...
10 Buah Rendah Gula Terbaik untuk Penderita Diabetes
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved