Mitos dan Fakta Seputar Makanan yang Dapat Menularkan Virus Corona

Selasa, 22 September 2020 - 01:12 WIB
loading...
Mitos dan Fakta Seputar Makanan yang Dapat Menularkan Virus Corona
Kekhawatiran virus corona semakin tinggi. Bahkan, kabarnya virus ini dapat menyebar dan menularkan melalui makanan. Benarkah? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sejak menyerang berbagai belahan dunia pada Desember 2019, virus corona atau Covid-19 telah menyebabkan banyak kerugian. Jutaan korban, baik yangh meninggal dunia atau terinfeksi.

Virus ini dapat menyerang siapa saja dan menyebabkan berbagai gejala mulai dari ringan hingga sangat parah. Sementara, ada banyak kekhawatiran di tengah wabah ini. Salah satunya tentang keamanan pangan. (Baca juga: Yuk, Ketahui Bahaya Asap Rokok Pada Mata )

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan CDC telah meyakinkan masyarakat dunia bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makanan dikaitkan dengan penularan Covid-19.

Namun, ada penelitian terbaru dari kelompok peneliti di China yang menyatakan bahwa virus Covid-19 bisa bertahan selama delapan hari di suhu 4 derajat Celcius dalam makanan beku.

Dengan adanya pemberitaan tersebut, telah terjadi peningkatan kekhawatiran seputar virus ini yang dapat menyebar dan menularkan melalui makanan. Namun jangan khawatir, Berikut adalah beberapa Mitos mengenai Makanan di masa pandemi Virus Corona seperti dilansir Boldsky.

Mitos 1: Tidak Konsumsi Es Krim Dapat Menjaga Anda Aman dari COVID-19
Fakta: Salah. Selama ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan beku seperti es krim dapat menyebarkan virus.

Mitos 2: Virus COVID-19 dapat Menular dari Makanan China
Fakta: Salah. Meski terdengar bodoh, tidak mungkin anda tertular virus ini dari makanan yang berasal dari Cina kecuali makanan tersebut telah terpapar seseorang yang terkena virus. (Baca juga: 80% Galeri Ponsel Gong Yoo Berisi Foto Makanan )

Mitos 3: Sup Bawang Putih adalah Obat Penangkal Covid-19
Fakta: Salah. Meskipun konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, namun tidak serta merta mengonsumsi sup ini dapat membantu melindungi tubuh Anda dari serangan virus.

Mitos 4: Air Minum Dapat Membantu Menghindari COVID-19
Fakta: Salah. Minum banyak air sepanjang hari memang sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, itu tidak cukup untuk mencegah hadirnya infeksi virus Covid-19.

Mitos 5: Anda Bisa Tertular COVID-19 dari Buah dan Sayuran Segar
Fakta: Salah. Sangat tidak mungkin anda dapat tertular Covid-19 dari produk segar. Hingga saat ini tidak ada bukti bahwa virus ini ditularkan melalui makanan terutama buah-buahan atau sayuran.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)