Lima Langkah Mudah Menggoreng Paha Ayam Tanpa Kulit

Rabu, 23 September 2020 - 06:06 WIB
loading...
Lima Langkah Mudah Menggoreng Paha Ayam Tanpa Kulit
Cara memasak yang sehat untuk jantung adalah ayam tanpa kulit sebagai cara untuk mengurangi lemak dan kalori. / Foto: ilustrasi/themeatmart
A A A
JAKARTA - Ayam merupakan bahan makanan yang paling praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat dan selalu bisa menggoyang lidah. Selain digoreng, bakar atau panggang, ayam juga tidak kalah nikmat diolah menjadi hidangan lainnya.

(Baca juga: Resep Bistik Lidah Sapi, Bikinnya Cukup Praktis )

Kebanyakan orang membuat ayam goreng tradisional tanpa membuang bagian kulit. Tidak hanya membantu breading menempel pada daging, tetapi kulit memiliki banyak rasa. Namun, cara memasak yang sehat untuk jantung adalah ayam tanpa kulit sebagai cara untuk mengurangi lemak dan kalori.

Berikut cara menggoreng paha ayam tanpa kulit dilansir dari Live Strong, Senin (21/9).

1. Melapisi

Meski pahanya tidak berkulit, Anda tetap bisa melapisi ayam dengan beberapa jenis breading. Untuk melakukan ini, rendam paha ayam dalam susu, buttermilk atau setengah-setengah selama 2 jam di lemari es. Campurkan lapisan pilihan Anda. Empat cangkir tepung yang dibumbui dengan paprika, cabai rawit, lada hitam, dan garam adalah pilihan terbaik. Keluarkan paha dari lemari es dan letakkan di atas piring dan sampai siap digoreng.

2. Minyak

Saat ayam sudah siap, isi wajan dengan sekitar satu inci minyak kanola, kacang tanah atau bunga matahari. Minyak ini relatif rendah lemak jenuh, sehingga menggoreng tidak seburuk minyak lainnya, namun rasanya cukup ringan untuk tidak mengubah rasa ayam goreng. Panaskan minyak dengan api sedang sampai besar hingga mencapai 375 F.

3. Pengaturan waktu

Jika Anda menggunakan paha ayam tanpa tulang, goreng selama 7 hingga 8 menit setiap sisi sampai lapisannya berwarna keemasan dan renyah. Jika Anda menggunakan tulang paha, kurangi panas hingga 325 F dan goreng selama 10 hingga 12 menit setiap sisi. Angkat ayam dan tiriskan di rak kawat di atas loyang untuk menghilangkan minyak berlebih.

4. Suhu

Departemen Pertanian AS merekomendasikan memasak semua unggas dengan suhu internal 165 F. Apa pun yang kurang dari suhu ini dapat membuat Anda terpapar patogen yang dapat menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan. Jika ayam belum mencapai suhu ini, lanjutkan memasak satu atau dua menit lagi setiap sisi.

5. Penyimpanan

(Baca juga: Buat yang Kangen Jimbaran, Resep Seafood plus 3 Sambal Ini Bisa Dipraktikkan di Rumah )

Simpan ayam yang tersisa dalam wadah kedap udara dalam waktu 2 jam setelah memasak. Paha ayam goreng disimpan sekitar 3 sampai 4 hari di lemari es. Untuk ayam yang disimpan di freezer, buang setelah sekitar 4 bulan. Meskipun ayam tidak akan membusuk, kualitasnya akan menurun setelah waktu tersebut.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)