Enggak Perlu Panik, Ini Tujuh Tips Menghadapi Banjir

loading...
Enggak Perlu Panik, Ini Tujuh Tips Menghadapi Banjir
Dengan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan, Anda bisa selamat dan bertahan saat banjir. / Foto: dok. SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Masyarakat diminta waspada terhadap perubahan cuaca. Pasalnya, disejumlah tempat diprediksi akan dilanda hujan hingga berisiko menyebabkan banjir. Kerusakan dan dampak banjir sangat besar dan luas jangkauannya. Dampak langsung dari banjir termasuk hilangnya nyawa manusia, kerusakan harta benda, kerusakan tanaman dan hilangnya ternak.

(Baca juga: 5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Banjir)

Dampak emosional yang berkelanjutan sangat besar dengan meningkatnya tekanan emosional dan penyakit fisik akibat penyakit yang ditularkan melalui air. Kendati demikian, tidak perlu panik dan bingung. Pasalnya, dengan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan, Anda bisa selamat dan bertahan saat banjir. Berikut tips menghadapi banjir seperti dilansir Ready, Selasa (22/9).

1. Buat rencana



Buatlah rencana termasuk untuk hewan peliharaan, sehingga Anda dan keluarga tahu apa yang harus dilakukan, ke mana harus pergi, dan apa yang Anda perlukan untuk melindungi diri dari banjir dan Covid-19.

2. Buat emergency kit

Bawalah emergency kit dari persediaan yang Anda perlukan jika Anda harus segera meninggalkan rumah. Setelah keadaan darurat, Anda mungkin perlu bertahan hidup sendiri selama beberapa hari. Bersiap memiliki makanan, air, dan persediaan lain selama beberapa hari. Kit perlengkapan bencana adalah kumpulan barang-barang dasar yang mungkin dibutuhkan Anda dan keluarga dalam keadaan darurat.



3. Ketahui jenis risiko banjir di daerah Anda
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top