5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Banjir

loading...
5 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Banjir
Sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan hingga ada yang menyebabkan banjir. Foto Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Musim penghujan hampir tiba. Sejumlah wilayah di Indonesia bahkan sudah mulai diguyur hujan hingga ada yang menyebabkan banjir. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai macam penyakit seperti influenza, diare, demam berdarah, atau leptospirosis.

Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja, khususnya mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan selama banjir. (Baca Juga: Ini Daftar Makanan yang Tidak Boleh Anda Panaskan Kembali)

Beberapa antisipasi yang diperlukan sekaligus pencegahan yang tepat agar tetap sehat setelah banjir adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Berikut tips menjaga daya tahan tubuhsaat banjir, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Jauhi Air Banjir
Air banjir dan genangan air bisa berbahaya serta membuat Anda rentan terhadap penyakitmenular, bahaya kimia, dan cedera.



Air banjirjuga dapat mengandung kabel listrik putus, limbah manusia dan ternak, limbah berbahaya rumah tangga, medis, ataupun industri (kimia, biologi, dan radiologi), limbah abu batubara yang dapat mengandung senyawa karsinogenik seperti arsen, kromium, dan merkuri, kontaminan lain yang dapat menyebabkan penyakit, benda fisik seperti kayu, kendaraan, serta puing-puing hingga hewan liar seperti tikus dan ular.

Paparan air banjir yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi luka, ruam kulit, penyakit gastrointestinal, tetanus, dan leptospirosis. Penting untuk Anda melindungi diri dari paparan air banjir terlepas dari sumber kontaminasi.

Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menjauh dari air. Jika terkena air banjir, segera cuci area tersebut dengan sabun dan air bersih. Jika tidak memiliki sabun atau air, gunakan tisu basah atau pembersih berbahan dasar alkohol.



Rawat luka dan cari pertolongan medis jika perlu. Cuci pakaian yang terkontaminasi air banjir atau air limbah dengan air panas serta deterjen sebelum digunakan kembali. Jika Anda harus memasuki air banjir, kenakan sepatu bot karet, sarung tangan karet, dan kacamata.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top