Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat

Jum'at, 25 September 2020 - 11:03 WIB
loading...
Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat
Jalur ke Brsibane Rute Pacific Coast
A A A
Perjalanan menjelajah Australia lewat jalur darat yang terbuka akan menyempurnakan petualanganmu untuk mengenal Australia secara lebih nyata. Pengalaman yang kamu dapat bakal menjadi kenangan yang tak mudah lekang oleh waktu.

Dengan beragam kekayaan alamnya yang luar biasa indah dan menantang, mulai dari rute pesisir pantai yang dramatis, belantara hijau yang menyejukkan, dan tebing-tebing curam yang fantastis, menjadikan Australia satu-satunya tempat di bumi yang pas untuk dijelajahi dengan berkendara jalur darat.

Sydney ke Brisbane Rute Pacific Coast

Bila kamu memilih menempuh perjalanan bermobil dari Sydney ke Brisbane melalui rute Pacific Coast, kamu akan menikmati petualangan menembus kebun anggur serta kilang penyulingannya yang berkelas dunia di Hunter Valley, bukit pasir luas Port Stephens dan pantai-pantai berkilauan di Byron Bay, dengan aneka satwa liar di beberapa tempat sepanjang perjalanan. Jangan khawatir soal kendaraan, karena kamu bisa menyewanya melalui agen-agen wisata yang akan memberi informasi lengkap soal ini.

Jangan lupa jelajahi hutan hujan kuno. Pacific Coast New South Wales yang legendaris adalah rute berkendara yang menyenangkan sepanjang perjalanan sejauh 1.000 kilometer dari Sydney ke Brisbane yang spektakuler dan mendebarkan.

Dari Sydney melintasi pinggiran daerah utara yang rimbun, hutan hujan kuno. Ambillah rute yang penuh pemandangan ke Central Coast lewat Umina untuk makan siang yang dahsyat di Bells at Killcare. Teruskan ke arah utara selama 30 menit ke Bateau Bay, di mana kamu akan menemukan Coast Walking Track yang populer melintasi Wyrrabalong National Park.
Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat

Titipkan kendaraanmu di sekitar Bells at Killcare dan tempuhlah jalur jalan kaki santai pulang-pergi sepanjang enam kilometer (3,7 mil) melintasi puncak bukit, berhiaskan bunga-bunga liar asli tempat ini dan pemandangan samudera. Amati kawanan paus yang biasa muncul antara Mei dan Agustus.

Kamu bisa menggunakan kembali kendaraanmu ke Newcastle, kota tertua kedua di Australia. Segarkan diri dengan berenang di Merewether Ocean Baths. Landmark kota ini dibuka pada tahun 1935 dan merupakan kompleks kolam samudera terbesar di Belahan Selatan.

Setelah berangkat dari Sydney melintasi pinggiran daerah utara yang rimbun, ambillah rute yang penuh pemandangan ke Central Coast lewat Umina untuk makan siang yang luar biasa di Bells at Killcare. Hotel butik bintang lima yang terletak di taman terawat yang indah, Bells memiliki restoran pemenang penghargaan yang menyajikan hidangan yang menampilkan produk lokal dan anggur, yang sebagian besar dipanen langsung dari perkebunan.

Teruskan ke arah utara selama 30 menit ke Bateau Bay, tempat di mana kamu akan menemukan Coast Walking Track yang populer melintasi Wyrrabalong National Park. Ini adalah jalur jalan kaki santai pulang-pergi sepanjang enam kilometer melintasi puncak bukit, berhiaskan bunga-bunga liar asli tempat ini dan pemandangan samudra. Lalu terakhir berkendaralah ke Newcastle, kota tertua kedua di Australia. Segarkan diri dengan berenang di Merewether Ocean Baths. Landmark kota ini dibuka pada tahun 1935 dan merupakan kompleks kolam samudra terbesar di Belahan Selatan. Siap-siaplah beraksi di Novotel Newcastle Beach yang diinspirasi oleh dunia marina.

Setelah berenang di pagi yang singkat, naiklah ke kapal feri pukul 8.30 kembali ke Brisbane. kamu akan menjelajahi ibu kota Queensland yang semarak. Kota ini adalah pusat kreativitas, dengan galeri kelas dunia seperti GOMA, sebuah galeri yang menampilkan berbagai pameran kesenian modern dan tradisional Australia. Terdapat berbagai restoran, beragam tempat yang menyajikan musik live, tempat-tempat hiburan malam, hingga kafe ramai pengunjung mulai berkembang di kota ini menyaingi Melbourne. Cara terbaik untuk melihat kota ini adalah dari atas air dan ketinggian. Sewalah kayak dari Riverlife dan mendayung santai di sepanjang Brisbane River untuk menikmati kota dari atas air. Atau daftarkan dirimu untuk menjajal Story Bridge Adventure Climb untuk melihat panorama kota dari ketinggian .
Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat

Berkendara dari Melbourne ke Adelaide

Dengan perjalanan darat kamu membutuhkan waktu lima hari menyusuri salah satu rute pinggir pantai yang paling terkenal di Australia. Kalau mau berselancarlah di Bells Beach, lalu berjalan-jalan di antara 12 Apostles, dan cicipi anggur di McLaren Vale.

Bertolaklah ke Geelong, kota pelabuhan nan cantik yang berjarak 75 kilometer di barat daya Melbourne. Berhentilah untuk menyantap brunch di salah satu dari sekian banyak kafe lokal - King of the Castle, Box Office, dan Freckleduck, semuanya menawarkan kopi nikmat - sebelum tiba di tempat wisata peraih penghargaan, Narana Aboriginal Cultural Centre. Anda bisa bertemu emus dan kanguru yang hidup di sini, belajar melempar bumerang, dan mengagumi teknik kesenian kuno, sambil menyelami informasi berharga tentang budaya setempat. Program pendidikan budaya di tempat ini akan membekali Anda dengan keajaiban dan kearifan budaya Aborigin yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Torquay. Torquay adalah tempat dimulainya Great Ocean Road dan sering disebut sebagai ‘Ibu Kota Selancar Australia dengan Bells Beach yang ternama di dunia. Tempat ini juga menjadi cikal bakal merek produk selancar terkemuka Rip Curl dan Quicksilver. Jika Anda baru mencoba selancar untuk pertama kali, ikutilah kursus privat Torquay Surf Academy, yang menyediakan peralatan dan pelatih pribadi. Selanjutnya, pesanlah roti lapis atau pai rumahan di Torquay Larder.

Deburan ombak berkejaran di Fairhaven dan Eastern View - menarik untuk disinggahi para penggila selancar - sepanjang perjalanan ke kota resor liburan Lorne, 50 menit berkendara dari Torquay. Setibanya di Lorne, Anda berendam di perairannya atau, jika tidak ingin berbasah-basahan. Anda dapat menghabiskan beberapa jam mengunjungi deretan galeri dan butik di sepanjang jalan utama. Lakukan reservasi untuk makan malam di restoran kelas atas Brae, yang menyuguhkan paket menu hasil racikan bahan makanan setempat yang berkualitas tinggi. Selain itu, tersedia juga penginapan dengan 6 suite mewah di sini.

Nikmati sarapan di tepian Erskine River di Swing Bridge Café sebelum berkendara selama 2 jam untuk melihat 12 Apostles, rangkaian pilar batu kapur yang berdiri menjulang dari perairan Southern Ocean. Parkir di 12 Apostles carpark dan ikuti jalur aspal yang mengarah ke anjungan pandang. Hanya 15 menit berjalan kaki dari 12 Apostles, Anda bisa menemukan Gibson's Steps. Turuni 86 anak tangga yang dipahat pada permukaan tebing untuk sampai ke pantai yang menyuguhkan pemandangan Apostles dari dekat. Untuk mendapatkan sudut pandang unik lainnya dari formasi geologis ini, pesan tur panorama menggunakan helikopter yang akan mengitari 12 Apostles, Loch Ard Gorge, dan London Bridge.

Coba juga dari Apollo Bay, berkendaralah selama 35 menit menuju Cape Otway Lighthouse, mercusuar tertua yang masih berdiri hingga kini di Australia. Naiklah ke anjungan pengamatan di atas mercusuar untuk menikmati pemandangan Southern Ocean yang menakjubkan.

Lanjutkan menyusuri Shipwreck Coast, yang dinamai demikian karena lautan ganasnya telah mengaramkan setidaknya 700 kapal. Jelajahi kota pesisir Warrnambool yang pada bulan Mei hingga Oktober, menjadi tempat berkumpulnya Paus Sikat dari Selatan di Logan Beach. Tak jauh dari sini, singgahlah ke Worn Gundidj at Tower Hill Wildlife Reserve untuk mengikuti tur berjalan kaki bersama pemandu dari perspektif suku Aborigin. Pemandu akan membimbing Anda melewati cagar alam di area gunung berapi yang tidak aktif, tempat kanguru, walabi, emus, koala, echidna, dan ratusan jenis burung berkeliaran dengan bebas. Di akhir tur, cobalah melempar bumerang yang akan kembali lagi pada Anda.

Dari sini, berkendaralah selama 30 menit menuju Port Fairy untuk menyusuri dermaga nelayan dan deretan pondok berwarna putih menawan sebelum beristirahat di hotel butik, Drift House.

Susuri rute menuju Portland, kota kecil bersejarah sekitar 1 jam berkendara dari Port Fairy. Saksikan perahu nelayan yang menurunkan hasil tangkapan di pelabuhan sebelum berkendara selama 10 menit ke Cape Nelson Lighthouse nan cantik. Di sini, Anda bisa mengikuti tur yang akan menguak sejarah maritim kawasan tersebut. Memutarlah ke Bridgewater Bay Café untuk beristirahat sejenak dan menyegarkan diri sebelum mengikuti Cape Bridgewater Seal Walk sejauh 2,5 kilometer. Gardu pandang di ujung jalan setapak menyuguhkan pemandangan kawanan anjing laut bulu Australia yang berjumlah sekitar 650 ekor. Coba pesan bersnorkel dalam kerangkeng agar bisa lebih merapat dan bercengkerama dengan hewan menggemaskan ini.

Kembali ke jalan raya, berkendaralah sejauh 50 menit melewati Nelson dan melintasi perbatasan South Australian. Berhentilah di Mount Gambier, yang berlokasi di bekas gunung berapi kuno dan dikelilingi danau kawah nan luas. Susuri jalan setapak sejauh 3,6 kilometer di sekitar Blue Lake, yang airnya berubah warna menjadi biru kobalt pada bulan Desember hingga Maret. Anda juga bisa menghabiskan sedikit waktu untuk menjelajahi Umpherston Sinkhole yang memukau. Objek wisata alam yang unik ini semula adalah gua yang terbentuk melalui peleburan batu kapur. Lubangnya terbentuk ketika bagian atas gua runtuh ke bawah. Lubang tersebut diubah menjadi taman yang indah oleh James Umpherston pada sekitar tahun 1886 dan dibuka sepanjang waktu. Mulai senja setiap malam, area ini menjadi hidup ketika possum yang menetap di sini berkeliaran di taman yang bermandikan cahaya untuk mencari makan.

Duduklah kembali di balik kemudi Anda untuk berkendara selama satu jam ke utara menuju Coonawarra, kawasan yang terkenal akan anggur cabernet sauvignon-nya. Mampir ke salah satu dari 20 ruang cicip anggur yang ada, seperti Wynns Coonawarra Estate atau Balnaves, sebelum check-in di Punter's Vineyard Retreat, yang menawarkan panorama hamparan kebun anggur nan memesona. Lalu lanjutkan petualanganmu ke Adelaide.

Dari sini, perjalanan ke pusat kota Adelaide bisa dicapai hanya dengan waktu 45 menit berkendara. Kelilingi bulevar budaya di North Terrace – tempat berdirinya South Australian Museum dan Adelaide Botanic Garden – lalu telusuri beragam toko di Rundle Mall. Naiki trem selama 35 menit dari Rundle Mall ke Glenelg Beach untuk berjalan-jalan di tepi pantai sebelum bertolak kembali ke pusat kota untuk menikmati makan malam di salah satu restoran ternama. Cobalah Press Food & Wine, Peel St, atau Ruby Red Flamingo. Akhiri perjalanan dengan malam yang nyaman di hotel mewah bintang lima Mayfair Hotel.
Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat

Berkendara ke Coral Coast di Australia Barat

Ini wilayah yang bagus bagi kamu yang ingin menyusuri pantai berpasir putih, terumbu karang, kota nelayan yang menawan, dan taman nasional berbatu dalam perjalanan spektakuler di sepanjang Coral Coast. Kamu juga akan menemukan pemandangan Samudra Hindia yang memukau, menyusuri belantara indah ngarai Kalbarri National Park, berenang dengan hiu paus, menyaksikan lumba-lumba, lalu kembali ke Perth dengan segar dan rileks.

Berangkat dari Perth dengan kendaraan sewaan, melajulah ke utara menyusuri Brand Highway. Pemberhentian pertama adalah Badgingarra National Park, berjarak sekitar dua jam, dan kamu akan berjalan menyusuri Iain Wilson Nature Trail, habitat margasatwa seperti kanguru, emu, dan rajawali ekor baji. Berjalan kaki di sini juga memungkinkan Anda melihat bunga liar asli, seperti bunga eukaliptus terbesar di dunia, mottlecash.

Singgahlah untuk menikmati makan siang santai, dengan tambahan satu jam berkendara ke utara, di kota pesisir kembar Dongara dan Port Denison (coba tempat makan menarik dengan suasana pantai di Seaspray Beach Cafe atau Southerlys Tavern yang cocok untuk keluarga). Sebelum melanjutkan perjalanan selama 30 menit menuju Geraldton. Mengarahlah langsung ke pantai untuk berenang di sore hari, lalu makan malam dari Geraldton Fishermen's Co-Op.

Sebelum meninggalkan Geraldton, kunjungilah HMAS Sydney Memorial, untuk mengenang kapal tenggelam dalam pertempuran di lepas pantai Western Australia pada tahun 1941 yang menewaskan 645 pelaut. Selanjutnya, pacu kendaraanmu ke utara selama lima jam, melintasi Kalbarri National Park (Anda akan berhenti di sini dalam perjalanan pulang). Lalui suaka lumba-lumba di Monkey Mia (juga akan dijelajahi dalam perjalanan pulang) menuju Carnarvon, dengan perkebunan pisang, mangga, dan pepaya membentang di tanah subur di sekitar Gascoyne River.

Jika kamu menyukai buah-buahan tropis, ikuti tur di salah satu perkebunan, atau beli hasil bumi segar dari Gascoyne Growers' Market. Susuri One Mile Jetty yang bersejarah, bagian dari kawasan warisan Carnarvon, atau mengarahlah lebih jauh ke utara menuju Carnarvon blowhole yang spektakuler, dengan semburan air laut setinggi 20 meter. Akhiri hari dengan bersnorkel di laguna tenang berkoral di Carnarvon, penuh dengan ikan dan kerang, dan dibatasi pantai berpasir putih (kios setempat menyewakan peralatan snorkeling).

Lanjutkan perjalanan empat jam lagi ke utara menuju kota Exmouth, yang terletak di antara tebing merah Cape Range National Park dan perairan biru kehijau-hijauan Ningaloo Marine Park. Pengalaman paling populer di sini adalah berenang bersama hiu paus, mamalia terbesar di dunia. Makhluk laut raksasa yang dapat tumbuh hingga sepanjang 18 meter ini berkumpul di sekitar Ningaloo Reef antara bulan April dan Juli.
Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat

Menyusuri Great Eastern Drive di Tasmania

Rasakan kesemarakan pesisir timur Tasmania yang menakjubkan, mulai dari hidangan laut dan anggur hingga hutan hujan rimbun dan pantai pasir putihnya. Masuki hutan belantara terindah Tasmania dalam perjalanan yang dipenuhi keseruan ini. Dimulai di Hobart sebelum bertualang ke utara melewati taman nasional yang spektakuler, sepanjang pesisir pantai yang ajaib, dan berakhir di Bay of Fires yang luar biasa.

Dari Hobart, ikuti Tasman Highway ke utara selama satu jam lebih sedikit ke Triabunna dan naiki kapal feri selama 30 menit menuju Maria Island yang indah. Tanpa adanya pertokoan atau mobil, pulau terpencil ini adalah surga yang tenang untuk melintasi hutan semak, mengamati margasatwa, dan melihat sekilas sejarah penjara Tasmania.

Ada banyak jalur jelajah alam yang bisa dipilih, namun cara termudah mengelilingi pulau ini dalam sehari adalah mengikuti tur berpemandu East Coast Cruises. Tours, yang beroperasi dari November hingga April. Tour ini meliputi pesiar wisata sekitar pesisir pantai Maria Island yang menakjubkan, mengunjungi Painted Cliffs dan Fossil Cliffs, jalan kaki dua jam mengelilingi pemukiman narapidana Darlington yang masuk daftar Warisan Dunia, serta makan siang gourmet dengan bahan lokal Tasmania dan anggur.

Ada juga pilihan untuk berenang atau bersnorkel di salah satu pantai pulau ini - menyelam skuba juga populer di suaka laut sebelah utara pulau ini. Lalu, kembali ke daratan utama Tasmania dan menginap di Orford Riverside Cottages menawan di Prosser River, yang memiliki dek kayu luas dengan pemanggang.

Awali hari dengan melintasi hutan semak melewati Wielangta Forest sepanjang Three Thumbs Track. Jalur melingkar sepanjang empat kilometer ini membawamu melewati hutan kayu putih dan hutan hujan, dengan panorama kemegahan Orford, Spring Bay, dan Maria Island.

Selanjutnya, nikmati salah satu perjalanan pesisir terindah di negara ini—lebih kurang satu jam setengah ke utara—menuju pantai pasir putih dan puncak granit merah muda Freycinet Peninsula. Turun ke Kate's Berry Farm dan ambil sekeranjang beri segar dan cokelatnya yang terkenal, lalu kunjungi salah satu kilang anggur setempat seperti Milton Vineyard untuk menikmati pinot noir dan riesling khas tempat ini.

Berkendara lebih kurang 40 menit ke utara menuju Bicheno, kota liburan ramah keluarga, dan saksikan sejumlah margasatwa paling berharga daerah ini di East Coast Natureworld. Terdiri atas taman alami dan laguna dengan luas 60 hektar, tempat ini adalah habitat bagi Tasmanian devil, quoll, koala, ular, dan kakaktua. Lanjut ke utara, ambil jalan memutar menuju Apsley National Park—yang dihiasi ngarai, air terjun, dan jalur lintas hutan semak—dan singgah sejenak untuk berenang di Apsley River Waterhole. Lalu isi tenaga di Mount Elephant Pancakes, yang terkenal akan menu panekuk bergaya Eropa yang manis dan nikmat.

Habiskan sore hari dengan menjelajahi pertokoan dan galeri di perkampungan nelayan St Helens yang memukau. Dari kota, Anda dapat berjalan kaki atau berkendara menuju Peron Dunes, tempat yang bagus untuk berseluncur pasir. Menginap di pondok yang indah atau vila kontemporer di Pelican Point Sanctuary.

Temukan ide-ide seru lainnya untuk menjelajah Australia di sini
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)