Sensasi Pedas Ayam Kung Pao khas China, Ini Resepnya!

Senin, 28 September 2020 - 16:03 WIB
loading...
Sensasi Pedas Ayam Kung Pao khas China, Ini Resepnya!
Ayam Kung Pao merupakan sajian khas China yang bisa Anda coba sensasinya. Gurih dan pedas dari masakan ini bisa bikin Anda ketagihan. Berikut cara membuatnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ayam Kung Pao merupakan sajian khas China yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Perpaduan antara daging ayam yang lembut, renyahnya kacang, dan bumbu pedas gurih khas Szechuan mampu menggoyang lidah.

Anda yang belum pernah merasakan sensasinya, bisa mencobanya. Tak perlu ke restoran atau hotel berbintang untuk menikmatinya, buat saja di rumah. Masakan ini juga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang bosan dengan sajian ayam yang itu-itu saja.

Dikutip channel YouTube Devina Hermawan, berikut resep membuat Ayam Kung Pao. (Baca juga: Tumis Buncis Telur Enak, Murah dan Praktis Membuatnya )

Bahan-bahan:
300 gr paha ayam fillet, potong kotak
½ sdm arak masak atau jus apel
2 sdt tepung maizena
1 sdm putih telur
2 sdt kecap asin
1 sdt minyak wijen
½ sdt lada putih
10-15 cabai kering besar, gunting 1 cm
1 ruas jahe besar, iris tipis
6 siung bawang putih, iris tebal
1-2 batang daun bawang besar, iris 1 cm
50 gr kacang tanah goreng

Saus:
2 sdm saus tiram
3 sdm dark soy sauce
3 sdm cuka
2 sdm gula
2 sdt tepung maizena
75 ml air kaldu ayam atau air.

Cara membuat:
Masukkan arak masak, lada putih, putih telur, maizena, kecap asin, dan minyak wijen ke dalam ayam lalu aduk rata dan diamkan minimal 15 menit. Untuk saus, campurkan semua bahan kedalam mangkuk kemudian aduk hingga rata. (Baca juga: Laporan Terbaru: Gigi Hadid Melahirkan di Rumah Pertanian )

Panaskan wajan, beri minyak yang cukup lalu tumis ayam dengan api besar hingga setengah matang lalu buang sedikit minyak jika dirasa terlalu banyak. Masukkan cabai kering lalu aduk dan masak hingga ayam berwarna kecokelatan kemudian masukkan jahe, daun bawang bagian putih, dan bawang putih lalu tumis sebentar.

Masukkan campuran saus, masak hingga saus mengental kemudian tambahkan daun bawang bagian hijau dan kacang tanah goreng lalu aduk-aduk dan matikan api. Ayam kung pao siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)