Setiap Individu Diingatkan Ambil Bagian Perangi Penyakit Kardiovaskular

Selasa, 29 September 2020 - 05:35 WIB
loading...
Setiap Individu Diingatkan Ambil Bagian Perangi Penyakit Kardiovaskular
Pada peringatan tahun ini, Hari Jantung Dunia atau World Heart Day 2020 mengangkat tema Use Heart to Beat Cardiovascular Disease. / Foto: ilustrasi/Healthifyme
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun ini mengubah hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk di bidang kesehatan baik dari sisi pasien maupun pelayanan kesehatan . Seseorang dengan penyakit kardiovaskular bukan hanya berisiko lebih parah ketika terkena Covid-19, namun juga berisiko dari penyakit kardiovaskular karena dia takut mencari perawatan ke rumah sakit.

(Baca juga: 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Bertambah )

Pada peringatan tahun ini, Hari Jantung Dunia atau World Heart Day 2020 mengangkat tema Use Heart to Beat Cardiovascular Disease. Setiap orang diingatkan untuk mengambil bagian dengan sungguh-sungguh memerangi penyakit ini. Usaha-usaha ini dilakukan melalui gaya hidup sehat, skrining dini, hingga mencari treatment yang tepat.

Paradigma-paradigma yang selama ini ada di masyarakat adalah dokter, tenaga medis dan alat-alat canggih di ruang tindakan yang mampu menyembuhkan pasien dengan berbagai keluhan jantung.

"Namun, kami di Siloam Heart Institute (Siloam Hospitals Kebon Jeruk) justru membuat perspektif yang berbeda, bahwa kami disini sebagai 'advisor' dan pasien sebagai 'hero'. Kami di sini membantu mengarahkan dengan kompetensi dan empati, sedangkan pasien sendirilah yang akhirnya memilih dan menentukan bagaimana cara bisa hidup berkualitas kembali," tutur dr. Antono Sutandar,Sp.JP-K, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (28/9).

Tentunya kerja tim antara pasien dan rumah sakit harus selalu didukung tim multidisiplin dengan teknologi yang terkini untuk dapat menghadirkan layanan komprehensif. Tim Siloam Hospitals Kebon Jeruk dapat menangani kasus-kasus jantung seperti pemasangan ring, LAA Closure, Ablasi, CABG, penggantian katup baik melalui pembedahan maupun melalui kateter, berbagai kasus jantung anak, dan tindakan-tindakan jantung lainnya.

"Jika Anda memerlukan pelayanan medis lanjutan, janganlah menunda. Di Siloam Hospitals Kebon Jeruk serangkaian protokol kesehatan dilakukan untuk memastikan keselamatan Anda dan kami," terang dr. Maizul Anwar, Sp.BTKV.

(Baca juga: Pneumonia Butuh Penanganan Serius )

"Tahun ini bukan tahun yang mudah bagi setiap orang, namun tim multidisiplin Siloam Heart Institute akan terus berupaya menjadi advisor Anda untuk berjuang memiliki jantung yang sehat. Kami juga terus mengajak setiap individu menjadi hero untuk kesehatan jantung diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)