Lima Makanan untuk Kurangi Risiko Gangguan Paru-Paru

Rabu, 30 September 2020 - 20:20 WIB
loading...
Lima Makanan untuk Kurangi Risiko Gangguan Paru-Paru
Banyak yang bisa dilakukan untuk merawat paru-paru, salah satunya adalah mengonsumsi makanan dan menerapkan diet sehat. / Foto: ilustrasi/Sunwarrior
A A A
JAKARTA - Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan paru-paru mesti lebih ditingkatkan. Apalagi di bawah ancaman pandemi Covid-19 yang terus membayangi, dan fakta bahwa virus ini dapat memengaruhi paru-paru sebagai organ utama, sangat penting untuk terus merawat organ vital ini dengan baik.

(Baca juga: Sedang Tren, Begini Cara Mudah Mengaplikasikan Blurred Lips )

Banyak yang bisa dilakukan untuk merawat paru-paru , salah satunya adalah mengonsumsi makanan dan menerapkan diet sehat. Berikut lima makanan yang harus Anda sertakan dalam menu Anda untuk mengurangi risiko gangguan paru-paru , termasuk kanker seperti dilansir Times Now News.

1. Sayuran silangan

Beberapa sayuran yang masuk kategori ini adalah kembang kol, brokoli dan kubis. Sayuran ini benar-benar dapat mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk kanker karena adanya kandungan sulforaphane, yang dikenal dapat melawan kanker.

2. Makanan berwarna oranye dan merah

Makanan berwarna oranye dan merah seperti wortel, jeruk, paprika, kaya akan karotenoid yaitu sebuah antioksidan yang dapat melindungi perokok dari kanker paru-paru.

3. Kedelai

Kedelai membantu mengendalikan hormon, memasukkan kedelai dalam menu diet Anda mungkin merupakan ide yang baik untuk mencegah adanya gangguan pada paru-paru.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon atau sarden kaya akan asam lemak omega-3, di mana nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru .

5. Sayuran hijau

(Baca juga: Dapat Lampu Hijau, Alat Tes Covid-19 Instan Segera Diluncurkan )

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan kandungan folat yang dapat membantu mencegah kanker paru-paru . Folat adalah jenis vitamin B yang dapat melindungi sel-sel dari karsinogen tembakau sehingga mengurangi risiko kanker paru-paru .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)