Bagaimana BTS dan Para ARMY Mengubah Industri Musik?

Kamis, 01 Oktober 2020 - 08:41 WIB
loading...
Bagaimana BTS dan Para ARMY Mengubah Industri Musik?
Tahun lalu, tur BTS Love Yourself: Speak Yourself menjual habis tiket pertunjukan di seluruh dunia, tapi BTS terus menunjukan eksistensinya di industry musik dunia. Foto/Variety.
A A A
JAKARTA - Baru setahun yang lalu tur BTS 'Love Yourself: Speak Yourself menjual habis tiket pertunjukan di stadion di seluruh dunia, tapi grup vocal asal Korea Selatan ini terus menunjukan eksistensinya di industry musik dunia. Bahkan, mereka seolah tidak terpengaruh dengan pandemic. Menariknya lagi, ARMY memiliki peran besar dan membuat kolaborasi semakin kuat.

Setidaknya hampir satu juta pembeli tiket di seluruh dunia menyaksikan liturgi pembukaan yang mendebarkan dari aksi panggung band K-pop dalam bentuk lagu "Dionysus."

Konsep panggungnya, saat nyala api melesat dari atas panggung, tujuh sosok muncul dengan pakaian putih memberi hormat di tengah tiang-tiang Yunani dan sebuah altar panjang. Rapper Kim Nam-joon atau dikenal RM memimpin pertunjukan, didampingi rekannya, Jin (Kim Seok-jin), SUGA (Min Yoon-gi), j-hope (Jung Ho- seok), Jimin (Park Ji-min), V (Kim Tae-hyung) dan Jung Kook (Jeon Jung-kook). Mereka melakukan koreografi yang presisi.

Penonton yang melihat aksi panggung BTS berteriak histeris yang memekakkan telinga, fans BTS yang disebut ARMY ini terbawa oleh kehadiran band. (Baca juga: BTS Mendadak Miliarder )

Sebenarnya, persembahan yang dilakukan BTS bukanlah konsep baru dalam musik pop, ingat pernyataan provokatif John Lennon pada 1966 bahwa The Beatles “more popular than Jesus?”, tapi ada sesuatu tentang BTS yang mengubah fandom menjadi 11.

Brigade global pembantunya BTS secara kolektif dikenal dengan akronim ARMY, kependekan dari Adorable Representative MC for Youth, nama yang dipilih oleh Big Hit Entertainment, agensi BTS.

ARMY merupakan bagian terbesar dari pemirsa Twitter yang memiliki 29,2 juta pengikut, lebih dari tiga kali lipat dari grup K-pop lainnya, dan terus bertambah setiap hari. Kehadiran BTS di Instagram dengan 30,6 juta pengikut (juga meningkat pesat), hanya diikuti oleh Blackpink YG Entertainment, dengan 29,3 juta.

Apa jawaban BTS dengan hadirnya AMRY ini? "Karena ARMY ada, kami ada," kata Jin seperti dilansir Variety. (Baca juga: Bertema Fantasi, "Ada Dewa di Sisiku" Berbeda dari Serial Lain )

Kathryn Lofton, professor of religious and American studies di Universitas Yale dan penulis buku "Consuming Religion" mengatakan ikatan yang dimiliki BTS dengan ARMY berbeda dari koneksi penyanyi-penggemar biasa.

"Komitmen ‘mengemudi’ BTS adalah pada hubungan mereka dengan grup penggemar hingga membuat kegembiraan komunal mereka untuk Anda ikuti. Itu sebabnya dia memandang BTS sebagai "proyek religius; mereka mencari untuk membuat kebersamaan yang Anda tidak bisa berhenti ingin menjadi bagian darinya,” terang Lofton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)