Cumi Hitam Super Lezat yang Menggugah Selera

Rabu, 15 April 2020 - 14:40 WIB
loading...
Cumi Hitam Super Lezat yang Menggugah Selera
Ilustrasi cumi hitam. Foto/Cookpad
A A A
JAKARTA - Cumi merupakan seafood yang mudah diolah. Dengan teknik memasak yang tepat, cumi bisa menjadi masakan super lezat, nikmat dan menggugah selera.

Bahan seafood yang satu ini bisa diolah menjadi menu cumi hitam. Makanan ini menawarkan cita rasa yang menggugah selera dan cocok disantap bersama nasi putih hangat.

Tertarik untuk mencoba memasaknya sendiri di rumah? Ikuti resep membuat cumi hitam seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv berikut ini.

Bahan-bahan:

½ kg cumi segar
1 buah jeruk nipis
1 ruas jari lengkuas
1 btg serai
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
13 buah cabai rawit merah utuh
150 ml santan instan
1½ sdm tinta cumi
Garam
Gula
Minyak goreng

Bahan bumbu halus:

9 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 ruas jari jahe
7 buah cabai merah keriting

Cara membuatnya:

1. Pisahkan bagian badan cumi dengan kepalanya sembari mengambil kantung tinta cumi secara perlahan agar tidak pecah. Taruh kantung tinta cumi ke dalam mangkuk kecil, bilas dengan air bersih. Gerus kantung tinta cumi agar tinta mudah keluar, sisihkan.

2. Cuci badan cumi lalu potong menyerupai cincin dengan lebar kira-kira 1 ruas jari. Lumuri dengan air jeruk nipis. Sisihkan. Blender bahan bumbu halus dengan sedikit minyak hingga lembut. Masukkan minyak dan tumis daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas, hingga harum. Lalu masukkan bumbu halus.

3. Aduk hingga rata. Masukkan cabai rawit merah dan cumi. Aduk cumi hingga terbalur oleh bumbu. Masukkan santan cair dan tinta cumi, aduk hingga rata. Masukkan lada, garam dan gula, cicipi. Masak kurang lebih 10 menit hingga cumi matang, cairan menyusut, dan bumbu mengental. Matikan api, sajikan.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)