Musisi-Musisi Metal Ini Pernah Berjuang Pulih dari Covid-19

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 19:42 WIB
loading...
Musisi-Musisi Metal Ini Pernah Berjuang Pulih dari Covid-19
Will Carroll harus mengenakan ventilator dan berada dalam keadaan kritis serta tidak sadarkan di ranjang rumah sakit selama 12 hari sebelum akhirnya pulih. / Foto: Exclaim
A A A
JAKARTA - Virus corona baru yang menyebabkan Covid-19 bisa menyerang siapa saja. Dari masyarakat biasa, pejabat, bahkan hingga seniman maupun musisi sudah cukup banyak yang menjadi korbannya.

(Baca juga: Positif Corona, 15 Artis Hollywod Ini Ceritakan Pengalaman Pahitnya )

Sejumlah musisi cadas atau heavy metal dunia juga ada yang pernah dites positif Covid-19 . Mereka pun mempunyai beragam pengalaman dan dramatis dalam memerangi Covid-19.

Tur konser merupakan sebuah aktivitas yang sudah biasa dilakukan oleh para musisi dunia, tidak terkecuali band-band heavy metal . Ini sebagaimana yang dilakukan juga oleh tiga band thrash metal kenamaan dari California, Amerika Serikat yakni Testament, Exodus, dan Death Angel.

Mereka pun dijadwalkan melakukan tur ke seluruh Eropa pada 6 Februari hingga 11 Maret lalu. Namun, siapa sangka perjalanan mereka tersebut tidak berjalan mulus lantaran pandemi Covid-19 melanda dunia. Nahasnya lagi, sesampainya di rumah, ternyata 10 orang dari personel band dan kru band terpapar Covid-19.

Di tempat lain, terdapat juga musisi cadas yang dicurigai terkena Covid-19, yakni Till Lindemann, frontman band industrial metal Jerman, Rammstein . Dan berikut ini beberapa musisi heavy metal yang pernah positif Covid-19 dan dikabarkan terkena Covid-19 seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Chuck Billy

Musisi-Musisi Metal Ini Pernah Berjuang Pulih dari Covid-19


Pentolan band Testament ini terinfeksi Covid-19 di suatu tempat selama tur konsernya bersama Exodus dan Death Angel. Bukan hanya dirinya, sang istri Tiffany, yang menjadi manajer tur, juga terkena Covid-19. "Masalah saya adalah, saya tidak bisa bernapas," ujar Billy kala itu.

"Saya mengalami masalah hanya dari kamar tidur ke kamar mandi dan kembali lagi. Dada saya sesak, tubuh dan tulang saya sakit, dan ini adalah sesuatu yang tidak bisa saya gerakkan selama sekitar dua setengah minggu," kata Billy, yang juga sedang berjuang melawan kanker.

Vokalis berusia 58 tahun itu juga kehilangan indera perasa dan penciuman --yang merupakan gejala lain dari Covid-19. Permasalahan ini juga dialami istrinya. Selama menderita Covid-19 pada Maret lalu, Chuck Billy dan istrinya menjalani karantina di rumah.

"Kemudian setelah sekitar satu setengah minggu, kami akhirnya memiliki energi untuk bangun dan mencuci seprai dan membersihkan pakaian lagi. Kami terlalu sakit untuk bangun sebelum itu -kami sengsara," tukasnya.

2. Gary Holt

Musisi-Musisi Metal Ini Pernah Berjuang Pulih dari Covid-19


Sama seperti Chuck Billy, gitaris Exodus, Gary Holt juga terpapar Covid-19 seusai pulang dari tur. Holt pada awalnya merasa baik-baik saja ketika tiba di San Fancisco. Dia hanya batuk ringan ketika keluar dari pesawat. Karena semakin memburuk, dia pun menghubungi dokternya, dan dirujuk ke salah satu layanan kesehatan, serta memintanya ke ruang gawat darurat.

Pada 31 Maret 2020, gitaris 56 tahun ini dites positif Covid-19. Namun, istrinya bernasib lebih baik. Meski menemani Holt selama tur Eropa, namun sang istri dites negatif.

Gary Holt, yang juga tercatat sebagai gitaris Slayer, merasa beruntung, karena dirinya tidak terlalu parah. "Batuk saya tidak pernah masuk ke paru-paru, saya mengalami demam ringan, dan nafsu makan rendah. Saya tidak lebih sakit dari yang pernah saya alami dengan flu," ucapnya.

Saat masih positif Covid-19, Holt tidak begitu nyaman dengan makanan yang dihidangkan di hadapannya. "Semuanya beraroma seperti bubuk bawang putih yang sangat menyengat --sungguh aneh," ucap dia.

"Semuanya terasa dan baunya sangat aneh sehingga dalam dua minggu saya kehilangan bobot 16 pon. Jadi dengan apa pun yang dimasak istri saya, saya akan makan beberapa gigitan, hanya untuk mengusir geraman di perut saya," tambahnya.

3. Will Carroll

Musisi-Musisi Metal Ini Pernah Berjuang Pulih dari Covid-19


Chuck Billy dan Gary Holt bisa dikatakan lebih beruntung dibanding Will Carroll. Drummer Death Angel ini, yang termasuk dalam rombongan tur bersama Exodus dan Testament, mengalami kondisi yang lebih memprihatinkan setelah positif Covid-19.

Will Carroll harus mengenakan ventilator dan berada dalam keadaan kritis serta tidak sadarkan di ranjang rumah sakit selama 12 hari sebelum akhirnya pulih. Dia pun mengungkapkan bahwa selama pertempurannya dengan virus, dia memiliki mimpi aneh tentang kehidupan setelah kematian, di mana dia akan dikirim ke neraka dan bertemu dengan setan.

Menurut seorang anggota tenaga medis yang merawat, selama beberapa hari pertama perawatannya, Carroll berkali-kali mengalami gagal jantung akibat intensitas pengobatannya.

Kepada San Francisco Chronicle, Carroll mengatakan bahwa apa yang dia alami itu memungkinkannya mengubah beberapa kebiasaan gaya hidupnya yang khas, termasuk konsumsi alkohol dan ganja yang dulu terlalu banyak. "(Tapi) saya masih akan mendengarkan satanic metal, dan saya masih menyukai Deicide dan band-band seperti itu," candanya.

(Baca juga: BTS Resmi Rilis Remix Savage Love Jason Derulo )

4. Till Lindemann

Musisi-Musisi Metal Ini Pernah Berjuang Pulih dari Covid-19


Pentolan band Rammstein, Till Lindemann ini memiliki pengalaman yang berbeda ketimbang tiga musisi di atas. Dalam satu waktu, Lindemann dibawa ke ICU sebuah rumah sakit di Berlin, Jerman, karena diduga terjangkit Covid-19. Vokalis kelahiran 4 Januari 1963 itu dibawa ke rumah sakit seusai manggung di Moskow, Rusia. Namun, setelah satu malam dirawat, Rammstein menyatakan bahwa Lindemann tidak terkena Covid-19.

"Kemarin malam, dokter yang menangani band kami mengimbau agar Till Lindemann dibawa ke rumah sakit. Selama semalaman dia memperoleh perawatan intensif, dan kini kondisinya pun mulai membaik. Till dinyatakan negatif Covid-19," tulis Rammstein dalam pernyataannya di media sosial saat itu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)