Menghitung Kalori Bukan Ide yang Baik untuk Mengurangi Berat Badan

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 11:03 WIB
loading...
Menghitung Kalori Bukan Ide yang Baik untuk Mengurangi Berat Badan
Untuk menurunkan berat badan, maka mengurangi kalori sangat penting. Tetapi, beberapa ilmuwan percaya semua itu bukan cara yang ideal untuk menurunkan berat badan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kami tahu bahwa untuk menurunkan berat badan, maka mengurangi kalori sangat penting. Seseorang harus makan lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak untuk menurunkan banyak berat badan dalam seminggu. Untuk itu, menghitung kalori sangat penting.

Anda harus membagi asupan kalori harian menjadi beberapa bagian yang sama dan terus menghitung kandungan kalori dari makanan yang Anda makan untuk mempertahankan jumlahnya. Tetapi, beberapa ilmuwan percaya bahwa melakukan semua itu mungkin bukan cara yang ideal untuk menurunkan berat badan. (Baca juga: Kemenparekraf Sosialisasi MICE Berstandar Protokol Kesehatan Digelar di Sulut )

Seperti dilansir Times of India, ilmuwan menekankan pada pentingnya makan makanan yang sehat dan bergizi, daripada menghitung kalori untuk menghindari obesitas dan risiko penyakit kronis lainnya seperti diabetes dan komplikasi terkait jantung.

Mengurangi kalori dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan kehilangan otot, yang dapat menjadi penyebab serius bagi beberapa masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Disamping itu juga dapat menyebabkan malnutrisi. Makan makanan yang kaya nutrisi dan seimbang selalu lebih baik daripada menghitung kalori.

Sesuai penelitian yang dilakukan para peneliti di Stanford University, tidak ada perubahan berat yang signifikan yang ditemukan antara diet rendah lemak yang sehat dan diet rendah karbohidrat yang sehat.

Dalam studi penurunan berat badan selama 12 bulan, yang melobatkan 609 orang, ditemukan bahwa memiliki makanan utuh dan tidak diolah tanpa mengkhawatirkan asupan kalori mengakibatkan penurunan berat badan yang serupa bagi orang yang mengikuti kedua diet tersebut.

Mengurangi kalori sangat penting untuk menurunkan berat badan. Tidak ada jalan lain. Tetapi, penelitian mengatakan untuk fokus pada apa yang Anda makan lebih penting daripada seberapa banyak Anda makan.

Untuk menurunkan berat badan yang sehat, seseorang perlu fokus untuk mendapatkan karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang cukup daripada hanya menghitung kalori. (Baca juga: Tak Hanya Nikmat, Bikin Sambal Teri Petai juga Mudah Banget )

Sarapan misalnya, jika Anda mengambil protein bar yang akan membantu Anda mempertahankan asupan kalori, tetapi juga akan menghilangkan nutrisi lain, yang akan memperlambat metabolisme dan membuat Anda lemah.

Makan makanan kaya nutrisi akan menjaga energi Anda dan akan membantu Anda membakar lemak. Ingatlah bahwa tujuan Anda menurunkan berat badan, tanpa mengorbankan kesehatan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)