Trik Menikmati Makanan Enak saat Anda Berusaha Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 14:09 WIB
loading...
Trik Menikmati Makanan Enak saat Anda Berusaha Menurunkan Berat Badan
Untuk menurunkan berat badan, seseorang harus melakukan banyak pengorbanan, terutama dalam memilih makanan. Tentu, itu bukan tugas mudah. Lalu, bagaimana caranya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Untuk menurunkan berat badan, seseorang harus melakukan banyak pengorbanan, terutama dalam hal pilihan makanan. Mereka harus benar-benar menghindari makanan cepat saji, makanan yang diproses, digoreng, dan sarat gula dari makanan.

Namun membatasi makanan enak dan menggugah selera bukanlah tugas mudah. Di sinilah cheat meal datang untuk dimainkan.

Sesekali mengkonsumsi makanan favorit ketika mencoba membatasi asupan kalori akan membuat mereka tetap termotivasi. Dengan cara ini mereka dapat menikmati hidangan favorit dan tetap fokus untuk menurunkan berat badan. Masalahnya dimulai saat mereka melakukannya secara berlebihan.

Anda merencanakan satu kali untuk makan curang dan akhirnya menikmati makanan olahan sepanjang hari. Ini dapat menyabotase tujuan penurunan berat badan Anda. Hal tentang cheat meal adalah Anda harus merencanakannya secara strategis dan mematuhinya juga. (Baca juga: Begini Cerita BLACKPINK Soal Pembuatan THE ALBUM! )

Jadi, berapa banyak cheat food yang bisa Anda miliki dalam sehari dan hal-hal apa yang harus Anda waspadai? Seperti dilansir Times of India, menikmati makanan ‘enak’ seminggu sekali adalah pendekatan yang paling sehat.

Itu tidak menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan terbukti baik untuk metabolisme Anda. Studi bahkan menunjukkan bahwa cheat meal mingguan mencegah perasaan kekurangan dan meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap berpegang pada diet Anda.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pelaku diet yang berhenti dari dietnya kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan dengan mereka yang melakukan selingkuh setiap minggu. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merencanakan makanan ‘enak’.

1. Jangan ubah makanan curang Anda menjadi hari curang
Tetap berpegang pada rencana dan menipu hanya satu kali makan. Lakukan untuk mengubah makan curang menjadi hari curang atau minggu curang. Menyontek makan itu sehat, tetapi menyontek seminggu tidak.

2. Kontrol ukuran porsi Anda
Makan dengan penuh kesadaran penting bagi setiap individu. Itulah kunci untuk tetap sehat. Bahkan jika Anda memiliki makanan curang, tetap kendalikan ukuran porsi Anda. Jangan mengisi piring Anda atau makan berlebihan.

3. Rencanakan makanan Anda sebelumnya
Jika Anda telah memutuskan untuk makan curang selama akhir pekan, pilih apa yang akan Anda makan sebelumnya. Saat akan ke restoran atau sedang memesan makanan, jangan terpengaruh oleh variasi pilihan makanan, sehingga risiko makan berlebihan tetap minimal. (Baca juga: Lima Makanan untuk Kurangi Risiko Gangguan Paru-Paru )

4. Jangan makan saat Anda kelaparan
Jangan lupa bahwa prioritas Anda adalah menurunkan berat badan. Anda curang untuk memuaskan keinginan Anda. Jadi, jangan makan curang ketika Anda kelaparan karena Anda mungkin akan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang seharusnya Anda lakukan.

5. Kembali ke jalurnya
Setelah makan curang, kembalilah ke jalur yang benar. Berolahragalah sedikit lebih banyak untuk membakar kalori ekstra yang Anda konsumsi dan memulai diet terbatas yang Anda ikuti sebelumnya untuk memenuhi berat badan tujuan Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3102 seconds (0.1#10.140)