Tips Memasak Tahu yang Lezatnya seperti Daging Giling

Selasa, 06 Oktober 2020 - 06:03 WIB
loading...
Tips Memasak Tahu yang Lezatnya seperti Daging Giling
Jika Anda mencari pengganti daging untuk resep favorit yang menggunakan daging giling, tahu adalah pilihan yang enak dan murah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Jika Anda mencari pengganti daging untuk resep favorit yang menggunakan daging giling, tahu adalah pilihan yang enak dan murah. Ada tiga trik mudah untuk memasak tahu yang lezat seperti daging giling yakni dengan bekukan tahu sebelum dimasak, hancurkan setelah dicairkan dan tambahkan banyak bumbu.

Produk kedelai sangat serbaguna dan menyerap rasa seperti spons. Anda dapat menggoreng, memanggang, menumis, mengukus, memanggang atau membumbui sesuai dengan keinginan Anda dengan mencoba berbagai rempah-rempah dan bumbu. Tahu juga lebih murah daripada daging dan dikemas dengan protein.

Tidak hanya itu, tahu adalah sumber kalsium, zat besi, mangan, selenium, fosfor, magnesium, tembaga, seng, dan vitamin B1 yang hebat, menurut sebuah studi November 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine. Berikut tips memasak tahu seperti daging giling dilansir dari Live Strong. (Baca juga: Sup Rolade Jamur Gurih dan Nendang Rasanya )

1. Tahu beku seperti daging giling
Untuk memasak tahu seperti daging giling, Anda membutuhkan tiga bahan utama yakni tahu yang keras, minyak, dan rempah-rempah. Anda bisa menyiapkan hidangan ini dengan tahu beku atau mentah. Namun, menurut Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab, tahu beku mengubah teksturnya menjadi lebih seperti daging.

The Soyfoods Association of America menggambarkan konsistensi tahu yang sebelumnya dibekukan sebagai kenyal dan berwarna krem. Jadi, jika Anda ingin tahu daging giling terasa sedekat mungkin dengan aslinya, bekukan tahu Anda sebelum dimasak.

Untuk membekukan tahu, tempatkan seluruh wadah tahu padat yang belum dibuka ke dalam freezer. Jika Anda membekukan tahu yang sudah dibuka sebelumnya, Soyfoods Association of America merekomendasikan untuk mengeringkan terlebih dahulu semua air dari wadah tahu, membungkus tahu dengan bungkus plastik atau kertas timah dan menempatkannya di dalam freezer. Anda dapat menyimpan tahu yang belum dibuka di dalam freezer hingga enam bulan dan tahu yang sudah dibuka sebelumnya hingga lima bulan.

Setelah Anda siap untuk memasak, cairkan tahu di lemari es. Setelah dicairkan, keluarkan tahu dari kemasan dan buang air yang tersisa di wadah. Buang air tambahan dengan menekan atau meremas tahu di antara handuk kertas. (Baca juga: Daftar Aktor Drama Paling Populer Selama September, Park Bo Gum Nomor Satu )

2. Tahu cincang berbumbu
Saatnya membuat tahu cincang. Anda dapat menghancurkan atau menyuwir tahu yang sudah dicairkan ke dalam mangkuk dengan tangan, atau menggunakan garpu, ricer atau penghancur kentang untuk membuat potongan kecil yang menyerupai daging giling. Pada tahap ini, Anda dapat memilih cara sederhana dan hanya menambahkan garam dan merica ke dalam tahu cincang sebelum menggorengnya.

Jika Anda memilih untuk membuat versi sederhana ini, lapisi wajan dengan minyak pilihan dan masak tahu cincang hingga kecoklatan, sekitar lima menit. Jika Anda membumbui tahu sehingga menyerupai daging taco, cobalah resep taco tahu. Dalam resep ini, Anda membuat rasa dengan menggunakan kaldu sayuran, bawang merah, dan paprika merah sebagai bahan dasar untuk menggoreng tahu.

Selain bahan dasar ini, pecahan tahu juga dibumbui dengan bubuk cabai, ragi nutrisi, bubuk bawang putih, jinten, oregano dan kecap, kemudian goreng selama tiga menit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)