Beraneka Ragam Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara

Rabu, 06 Mei 2020 - 07:17 WIB
loading...
Beraneka Ragam Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara
Ilustrasi. / Foto: The Recipe Critic
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki hidangan buka puasa yang beraneka ragam. Tiap-tiap menu yang disajikan tidak hanya memiliki nama yang unik tapi juga rasa dan bentuk yang bermacam-macam.Dan beberapa di antaranya pun sudah menjadi sebuah tradisi dan kewajiban untuk disediakan selama bulan Ramadhan.

Inilah beberapa hidangan yang menjadi spesialisasi buka puasa di berbagai negara. Berikut ulasannya seperti dilansir Asia Society.

1. Indonesia

Kolak adalah menu andalan buka puasa di Indonesia. Selain disajikan hangat, kolak juga nikmat dimakan dalam keadaan dingin. Adapun makanan ini terbuat dari pisang, ubi, singkok, nangka, gula aren, santan dan pandan.

2. Afghanistan

Afghanistan sering menyajikan naan, roti bakar yang dipanggang dalam oven saat buka puasa. Seiring dengan banyak hidangan lainnya, makanan tradisional ini tetap akrab di lidah banyak orang. Naan juga banyak dimakan di berbagai daerah di Asia Tengah dan Selatan.

3. Bangladesh

Dua hidangan terkenal yang biasa disajikan saat buka puasa di Bangladesh adalah piyaji dan Begini. Piyaji adalah lentil dan bawang goreng yang dibumbui. Sedangkan Beguni merupakan hidangan pembuka berbahan dasar terong yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng garing.

4. Brunei Darussalam

Biasanya Brunei Darussalam mengonsumsi sungkai saat buka puasa di restoran. Sungkai merupakan paket prasmanan dengan aneka makanan yang bisa diambil sepuasnya. Makanan ini terdiri dari nasi hingga makanan manis.

5. India

India umumnya menyantap haleem saat buka puasa. Haleem merupakan bubur yang dimasak secara perlahan dan terbuat dari lentil, daging, serta gandum yang menambah kenikmatan makanan ini. Makanan ini merupakan makanan khas dan dipopulerkan di kota Hyderabad.

6. Iran

Dua penganan tradisional yang sering ditemukan saat buka puasa bersama di Iran adalah adalah zolbia dan bamieh. Zolbia terbuat dari yogurt dan pati, kemudian digoreng di dalam minyak panas untuk menghasilkan adonan tipis yang panjang. Sedangkan bamieh merupakan adonan deepfried berbentuk oval. Kedua makanan ini biasanya dimakan dengan dicelupkan ke dalam madu atau sirup mawar.

7. Maladewa

Maladewa selalu menyajikan jus buah untuk buka puasa. Selain jus buah, seperti tradisi muslim lainnya saat buka puasa, Maladewa juga menyantap kurma sebagai makanan buka puasa utama.

8. Malaysia

Bubur lambuk menjadi menu utama buka puasa di Malaysia. Bubur lambuk merupakan makanan buka puasa yang menarik bagi banyak orang karena gizi dan bahan-bahan yang digunakan bervariasi. Mulai dari rempah-rempah aromatik, daging, santan, ghee, dan minyak kelapa.

9. Pakistan

Minuman Rooh Afza adalah menu buka puasa yang populer di Pakistan. Dianggap sebagai minuman menyegarkan di seluruh Asia Selatan, Rooh Afza terbuat dari bahan dasar berupa kelopak mawar, bayam, mint dan air dingin hingga susu.

10. Singapura

Kue lapis merupakan kue dengan cita rasa manis yang terbuat dari tepung tapioka, santan, daun pandan dan gula, kemudian dikukus. Makanan berwarna pelangi ini dapat dijumpai dengan mudah di Singapura sehingga kerap disajikan saat buka puasa.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)