Ini Alasan Pasien Covid-19 Bisa Kehilangan Indra Penciuman

Selasa, 06 Oktober 2020 - 14:26 WIB
loading...
Ini Alasan Pasien Covid-19 Bisa Kehilangan Indra Penciuman
Peneliti mengungkap alasan mengapa begitu banyak orang dengan COVID-19 kehilangan indra penciumannya, bahkan ketika mereka tidak memiliki gejala lain. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sebuah tim peneliti setelah mempelajari jaringan yang dikeluarkan dari hidung pasien selama operasi percaya bahwa mereka mungkin telah menemukan alasan mengapa begitu banyak orang dengan COVID-19 kehilangan indra penciumannya, bahkan ketika mereka tidak memiliki gejala lain.

Dalam eksperimen, peneliti menemukan tingkat enzim pengubah angiotensin II (ACE-2) yang sangat tinggi hanya di area hidung yang bertanggung jawab untuk penciuman. Enzim ini dianggap sebagai titik masuk yang memungkinkan virus corona baru masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan infeksi. (Baca juga: Jangan Berlebihan Mengonsumsi Vitamin C dan B Kompleks )

Para peneliti mengatakan temuan mereka, yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, menawarkan petunjuk mengapa COVID-19 begitu menular dan menunjukkan bahwa menargetkan bagian tubuh ini berpotensi menawarkan perawatan yang lebih efektif.

"Saya mengkhususkan diri pada masalah hidung dan sinus, jadi hilangnya indra penciuman pada COVID-19 adalah minat klinis khusus bagi saya. Sementara virus pernapasan lain umumnya menyebabkan hilangnya indra penciuman melalui penyumbatan aliran udara karena pembengkakan saluran hidung, virus ini terkadang menyebabkan hilangnya bau tanpa adanya gejala hidung lainnya," kata Profesor Andrew P. Lane.

Tim menggunakan sampel jaringan dari bagian belakang hidung dari 23 pasien, yang diambil selama prosedur bedah endoskopi untuk kondisi seperti tumor atau rinosinusitis kronis, penyakit radang pada hidung dan sinus. Mereka juga mempelajari biopsi dari trakea (batang tenggorokan) dari tujuh pasien. Tidak ada pasien yang didiagnosis dengan virus corona baru.

Di laboratorium, para peneliti menggunakan pewarna fluoresen pada sampel jaringan untuk mendeteksi dan memvisualisasikan keberadaan ACE2 di bawah mikroskop dan membandingkan kadar ACE2 di berbagai jenis sel dan bagian hidung dan saluran napas bagian atas.

Sejauh ini, mereka menemukan ACE2 paling banyak pada sel lapisan epitel olfaktorius, area di belakang hidung tempat tubuh mendeteksi bau. Tingkat ACE2 dalam sel-sel ini antara 200 dan 700 kali lebih tinggi daripada jaringan lain di hidung dan trakea, dan mereka menemukan tingkat yang sama tinggi di semua sampel epitel penciuman, terlepas dari apakah pasien telah dirawat untuk rinosinusitis kronis atau kondisi lain.

Dilansir Times Now News, ACE2 tidak terdeteksi pada neuron penciuman, sel saraf yang menyampaikan informasi tentang penciuman ke otak.

"Teknik ini memungkinkan kami untuk melihat bahwa tingkat ACE2 - protein titik masuk COVID-19 paling tinggi di bagian hidung yang memungkinkan kita untuk mencium. Hasil ini menunjukkan bahwa area hidung ini dapat berada di tempat virus corona masuk ke tubuh," jelas Dr Mengfei Chen. (Baca juga: Trailer dan Fakta-Fakta Terbaru Film Dokumenter BLACKPINK: Light Up the Sky )

"Epitel olfaktorius adalah bagian tubuh yang cukup mudah dijangkau virus, tidak terkubur jauh di dalam tubuh kita, dan tingkat ACE2 yang sangat tinggi yang kami temukan di sana mungkin menjelaskan mengapa sangat mudah untuk tertular COVID-19," sambungnya.

Profesor Lane menambahkan, bahwa pihaknya saat ini melakukan lebih banyak eksperimen di laboratorium untuk melihat apakah virus memang menggunakan sel-sel ini untuk mengakses dan menginfeksi tubuh. Jika itu masalahnya, dapat mengatasi infeksi dengan terapi antivirus yang diberikan langsung melalui hidung.

Tobias Welte, yang tidak terlibat dalam penelitian ini sekaligus Mantan Presiden European Respiratory Society, Profesor Kedokteran Paru, dan Direktur Departemen Penyakit Paru dan Infeksi di Sekolah Kedokteran Universitas Hannover, Jerman menyebutkan bahwa banyak infeksi saluran pernapasan yang umum, seperti batuk dan pilek dapat membuat kehilangan indra penciuman untuk sementara waktu di samping hidung tersumbat atau sakit tenggorokan.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa COVID-19 tidak biasa karena tidak mampu bau bisa menjadi satu-satunya gejala. Ini adalah studi cerdas yang meneliti mengapa hal itu mungkin terjadi," ungkap Welte.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)