Jenis-Jenis Musik yang Digemari Banyak Orang di Dunia

Rabu, 07 Oktober 2020 - 02:12 WIB
loading...
Jenis-Jenis Musik yang Digemari Banyak Orang di Dunia
Genre musik ada begitu banyak di dunia ini, namun hanya beberapa saja yang cukup populer di tengah masyarakat. / Foto: ilustrasi/
A A A
JAKARTA - Musik merupakan bahasa yang universal buat mayoritas orang. Mereka bisa mengetahui jenis musik maupun apa pesan yang hendak disampaikan melalui musik atau lagu . Genre musik pun beraneka ragam di dunia yang luas ini. Dengan semakin berkembangnya musik , hal ini turut menghadirkan genre musik baru dan lebih beragam.

(Baca juga: Tur Konser Digagalkan Corona, Iron Maiden Pilih Balik Masuk Studio )

Kendati genre musik ada begitu banyak, namun hanya beberapa saja yang cukup populer di tengah masyarakat internasional. Dikutip dari sejumlah sumber, terdapat sedikitnya lima genre musik yang populer saat ini, yakni.

1. Pop

Kata pop dalam genre musik ini berasal dari kata populer, yang berasal dari bentuk modernnya di Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan 1950-an. Genre pop ini populer di Tanah Air pada 1970 hingga 1980-an. Sejak kemunculannya hingga sekarang, musik pop masih memiliki penikmat, bahkan terbilang paling banyak dari genre lainnya.

2. Rock

Genre musik ini mulai populer secara umum pada pertengahan 1950-an. Namun, sekitar akhir 1960-an dan awal 1970-an, musik rock berkembang menjadi beberapa jenis, seperti folk rock , blues rock, dan jazz-rock fusion. Pada 1970-an, rock berkembang jadi berbagai subgenre, di antaranya soft rock, glam rock, heavy metal , hard rock, progressive rock , dan punk rock .

(Baca juga: Amaranthe Bangga Akhirnya Ungkap Manifest kepada Dunia )

3. Jazz

Musik jazz mulai dikenal pada abad ke-19 yang diadospi dari budaya musik Afrika Barat dan Eropa. Genre musik ini pada awal abad ke-20 berkembang di Amerika Serikat . Dalam musik jazz memuat beberapa genre musik seperti blues, ragtime dan musik-musik band Eropa. Musik jazz biasanya dimainkan menggunakan alat musik biola, piano, saksofon, bass, drum, gitar, trombone dan terompet. Ciri khas musik jazz bernada sangat ringan dan nyaman untuk didengar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)