7 Rempah Pengganti Garam, Nikmat dan Menyehatkan

Kamis, 08 Oktober 2020 - 17:40 WIB
loading...
7 Rempah Pengganti Garam, Nikmat dan Menyehatkan
Garam sangat dibutuhkan dalam makanan, tapi konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Garam adalah salah satu rempah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Alasannya lantaran garam meningkatkan rasa hidangan.

Garam juga memperkaya aroma dasar dan rasa bumbu lain yang digunakan. Bagi banyak orang, garam adalah bumbu terpenting yang digunakan dalam makanan.

Tanpa gram, tidak peduli berapa banyak bahan yang ditambahkan ke suatu hidangan, rasanya tidak enak. Meskipun garam sangat dibutuhkan dalam makanan, konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, asupan garam berlebih telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Karena itu, para ahli di seluruh dunia merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam tinggi. Makanan cepat saji, khususnya, mengandung garam dalam jumlah yang berlebihan dan karenanya harus dihindari. (Baca juga: 7 Manfaat Jahe, Redakan Flu hingga Turunkan Risiko Kanker )

Ada beberapa bumbu, rempah-rempah, dan bahan lain untuk menambah rasa pada hidangan. Dilansir Times of India, berikut tujuh pengganti garam yang beraroma.

1. Bawang putih
Rasa pedas bawang putih meningkatkan rasa hidangan apa pun yang ditambahkan tanpa meningkatkan kandungan natrium. Jika Anda ingin mengurangi garam, cukup gandakan jumlah bawang putih. Ini efektif terutama dalam saus tomat dan bumbu perendam yang memiliki kandungan garam tinggi di dalamnya. Bawang putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kekebalan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Jus lemon
Jus lemon dan parutan kulit adalah alternatif yang sangat baik untuk garam dalam beberapa resep. Karena ini adalah sumber asam, jus lemon mirip seperti garam dengan menonjolkan rasa hidangan. Di sisi lain, kulit lemon memiliki rasa jeruk yang lebih kuat.

3. Dill
Dill memiliki rasa yang sangat segar dan bersama dengan seledri atau adas, membuat alternatif yang beraroma untuk garam. Ini merupakan pengganti yang baik untuk hidangan seperti ikan, kentang, atau mentimun. Dill bisa ditaburkan di atas salmon, bumbu utama di kentang, dan ditambahkan ke jus lemon atau jeruk nipis di hidangan ikan.

4. Bawang bombay
Sama seperti bawang putih, bawang bombay menawarkan tambahan rasa untuk hampir semua hidangan gurih. Secara khusus, bubuk bawang bombay lebih kuat dari bawang segar dan dapat ditambahkan ke tumisan, sup, semur, salsa, dan saus celup. Ini memberi sedikit bumbu dan rasa manis pada hidangan yang ditambahkan ke dalamnya.

5. Cuka balsamic
Cuka balsamic memiliki rasa yang tajam dan asam dengan sedikit rasa manis. Ini membantu memunculkan rasa alami dari hidangan yang ditambahkan ke dalamnya. Cuka balsamic bisa digunakan dalam sup, semur, saus salad, ikan dan daging. (Baca juga: Serialnya Mulai Tayang, Go A-ra dan Lee Jae-Wook Sapa Penggemar )

6. Bubuk paprika
Bubuk paprika bisa digunakan dalam nachos, daging taco, cabai, dan semur. Ini juga dapat digunakan untuk menggantikan salsa, yang sering kali tinggi natrium. Selain itu, bumbu ini memiliki beberapa manfaat kesehatan.

7. Jahe
Jahe memiliki rasa yang tajam dan manis dan dapat digunakan sebagai pengganti garam di banyak hidangan. Akar jahe cincang segar atau bubuk jahe kering dapat ditambahkan ke bumbu perendam, saus, sup, dan minuman.
(tdy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1480 seconds (10.177#12.26)