Begini Cara Mudah Memasak Udang Kupas dan Tidak Dikupas

loading...
Begini Cara Mudah Memasak Udang Kupas dan Tidak Dikupas
Anda bisa memasak udang yang sudah dikupas dan tidak dikupas dengan cara yang sama, tetapi cangkangnya mencegah daging menjadi kecokelatan. / Foto: ilustrasi/Healthline
A+ A-
JAKARTA - Anda bisa memasak udang yang sudah dikupas dan tidak dikupas dengan cara yang sama, tetapi cangkangnya mencegah daging menjadi kecokelatan. Misalnya, jika Anda menyukai rasa asap pada panggangan tetapi tidak menyukai arang yang menempel, panggang udang dengan kulitnya dan kupas setelah dipanggang.

(Baca juga: 7 Rempah Pengganti Garam, Nikmat dan Menyehatkan)

Namun, jika Anda ingin memasak udang dengan cepat dengan api besar tetapi tidak ingin warna dan teksturnya kecokelatan, tumis udang yang belum dikupas dan cabut kulitnya nanti. Anda dapat menambahkan cangkang mentah ke dalam kaldu ikan jika menggunakannya pada hari yang sama saat mengupasnya.

Berikut tips mudah memasak udang kupas dan tidak dikupas sebagaimana dilansir Live Strong, Kamis (8/10).



1. Tumis

Panaskan beberapa sendok makan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tepuk udang dengan handuk kertas untuk mengeringkannya. Tambahkan zat pedas dan aromatik, seperti bawang putih cincang dan bawang merah, ke dalam wajan dan masak sampai lunak, jika diinginkan. Anda juga bisa menambahkan tangkai herba utuh dan bumbu utuh untuk memberi rasa pada minyak jika Anda suka.

Tambahkan udang ke dalam wajan dengan lapisan rata dan bumbui dengan garam dan lada hitam yang baru digiling. Masak udang selama kurang lebih 1 menit. Tambahkan sekitar 1/2 cangkir anggur putih kering, air atau kaldu ke dalam wajan. Masak udang, balik sesekali sampai cairannya menguap, kurang lebih 4 menit. Tarik cangkang dari udang jika belum matang dan buang. Masukkan udang ke dalam wajan untuk melapisi dengan minyak zaitun dan sajikan.



2. Rebus
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top