Cukup Istirahat Tingkatkan Imunitas Cegah Virus Corona

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 11:18 WIB
loading...
Cukup Istirahat Tingkatkan Imunitas Cegah Virus Corona
Istirahat yang cukup guna menjaga imunitas tubuh bisa mencegah virus corona. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Menerapkan protokol kesehatan, makan bergizi seimbang, dan olahraga harus ditegakkan guna mencegah penularan virus corona. Tapi jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup guna menjaga imunitas tubuh.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang menemukan fakta bahwa tidur merupakan salah satu upaya terbaik dalam pencegahan penyakit. Sebaliknya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko terserang penyakit sepertu flu misalnya. (Baca: Keajaiban Surah Al-Fatihah Menyembuhkan Penyakit dan Penawar Racun)

Nathaniel Watson, seorang neurologist dan sleep specialist dari University of Washington School of Medicine menjabarkan, kurang istirahat dapat menutup proses genetik yang spesifik di dalam sel. Hal ini berkaitan dengan sistem imunitas tubuh yang bertanggungjawab terhadap perlawanan infeksi dan penyakit.

Sebut saja flu, hingga penyakit kronik. "Sistem imunitas (daya tahan tubuh) tidak berfungsi sebagaimana harusnya apabila waktu tidur berkurang," ujar Watson dikutip dari laman Huffingtonpost.

Mengelola stres juga amat penting agar tidur tidak terganggu. Sebab, ketika level stres sedang naik, hal ini akan berimbas pada pola tidur. “Akibatnya akan meningkatkan tekanan di tempat kerja, kekhawatiran akan finansial dan stres akan pandemik, dan stresor lain akhirnya mengganggu kualitas tidur,” kata Annie Miller Psychoterapist sekaligus Ahli Pengobatan Tidur. (Baca juga: Miris, UU Ciptaker Tempatkan Pendidikan Sebagai Komoditas yang Diperdagangkan)

“Cara terbaik untuk mengurangi stres atau mengatasi situasi yang penuh tekanan adalah mendapatkan istirahat yang cukup,” ungkap Max Kerr, DDS,D-ABDSM pakar pengobatan tidur Sleep Better Austin di Texas, AS. Ada beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk mendapat tidur berkualitas. Misalnya dengan berolahraga sambil menghirup udara segar. Ini dapat membantu mendapat ketenangan dan mengusir lelah.

Vitamin D dari matahari membantu mengatur ritme sirkadian untuk mendapatkan waktu tidur yang teratur. Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam. Usahakan untuk selalu konsisten dengan waktu tidur setiap malam. Tubuh akan menyesuaikan tidur dengan waktu yang sudah menjadi kebiasaan. Tubuh akan berangsur mengantuk mendekati waktu tidur. (Lihat videonya: Pedagang Tanaman Hias Raup Untung Ditengah Pandemi Covid-19)

Kebiasaan yang dilakukan mendekati waktu tidur seperti mandi air hangat atau membaca akan membantu tidur nyenyak. Di dalam kamar, buat suasana yang nyaman untuk siap tidur. Sebaiknya hindari menaruh televisi di kamar dan jangan bermain gadget mendekati waktu tidur. Tidak perlu mengecek jam berapa ketika Anda terbangun, kemudian menghitung tinggal berapa lama lagi pagi datang. Ini hanya akan membuat Anda gelisah. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)