Kurangi Risiko Kanker, Ini Beberapa Manfaat Kunyit buat Kesehatan

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 13:13 WIB
loading...
Kurangi Risiko Kanker, Ini Beberapa Manfaat Kunyit buat Kesehatan
Pengobatan Barat telah mulai mempelajari kunyit sebagai pereda nyeri dan agen penyembuhan. / Foto: Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan terbuat dari akar tanaman. Warna kuning cerah olahan kunyit telah menginspirasi banyak budaya untuk menggunakannya sebagai pewarna. Kunyit bubuk juga merupakan bahan utama dalam bubuk kari. Kapsul, teh, bubuk, dan ekstrak adalah beberapa produk kunyit yang tersedia secara komersial.

(Baca juga: Begini Cara Mudah Memasak Udang Kupas dan Tidak Dikupas )

Kurkumin merupakan bahan aktif dalam kunyit , dan memiliki sifat biologis yang kuat. Pengobatan Ayurveda merekomendasikan kunyit untuk berbagai kondisi kesehatan . Ini termasuk nyeri kronis dan peradangan. Pengobatan Barat telah mulai mempelajari kunyit sebagai pereda nyeri dan agen penyembuhan.

Menurut Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan (sdm) bubuk kunyit mengandung 29 kalori, 0,91 gram protein, 0,31 g lemak, 6,31 g karbohidrat, 2,1 g serat, 0,3 g gula. Sedangkan 1 sdm porsi yang sama itu menyediakan 26% kebutuhan mangan harian, 16% zat besi harian, 5% kalium harian dan 3% vitamin C harian. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan dilansir dari Medical News Today, belum lama ini.

1. Anti-inflamasi

The Arthritis Foundation mengutip beberapa penelitian di mana kunyit dapat mengurangi peradangan. Kemampuan anti-inflamasi ini dapat mengurangi kejengkelan yang dirasakan oleh penderita artritis pada persendian mereka. Organisasi tersebut menyarankan mengonsumsi kapsul kunyit 400 hingga 600 miligram hingga tiga kali sehari untuk meredakan peradangan.

2. Pereda sakit

Kunyit dianggap sebagai pereda nyeri. Bumbu ini juga terkenal dapat meredakan nyeri radang sendi. Penelitian tampaknya mendukung kunyit untuk menghilangkan rasa sakit, dengan satu penelitian mencatat bahwa kunyit bekerja sebaik ibuprofen (Advil) pada orang dengan radang sendi di lutut mereka.

Meskipun rekomendasi dosis tampaknya bervariasi, mereka yang berpartisipasi dalam penelitian ini mengonsumsi 800 mg kunyit dalam bentuk kapsul setiap hari.

3. Meningkatkan fungsi hati
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)