Waspada! Seks Oral Bisa Sebabkan Kanker Tenggorokan

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 15:35 WIB
loading...
Waspada! Seks Oral Bisa Sebabkan Kanker Tenggorokan
Meskipun kehati-hatian selalu disarankan dalam hal perlindungan terhadap masalah kesehatan seksual, penting untuk mengetahui fakta-faktanya. / Foto: Ilustrasi/Daily Express
A A A
JAKARTA - Human papillomavirus (HPV) dapat menyebar selama seks oral sehingga meningkatkan kemungkinan kanker . Di Amerika Serikat, HPV adalah virus menular seksual yang paling umum. Kesehatan seksual menghadirkan berbagai risiko, tetapi mengkhawatirkan masalah kesehatan potensial dapat menurunkan keintiman di antara pasangan dan, pada akhirnya, kualitas hidup.

(Baca juga: Kurangi Risiko Kanker, Ini Beberapa Manfaat Kunyit Lainnya buat Kesehatan )

Meskipun kehati-hatian selalu disarankan dalam hal perlindungan terhadap masalah kesehatan seksual, penting untuk mengetahui fakta-faktanya. Meskipun merokok dan minum alkohol merupakan faktor risiko utama kanker tenggorokan , virus HPV juga dapat dikaitkan dengan kanker tenggorokan. Diperkirakan 35% kanker tenggorokan terkait dengan infeksi HPV.

HPV telah dibuktikan sebagai salah satu faktor risiko utama kanker mulut dan tenggorokan, yang dikenal sebagai kanker orofaring. Infeksi tidak secara langsung menyebabkan kanker mulut. Virus memicu perubahan pada sel yang terinfeksi. Materi genetik virus menjadi bagian dari sel kanker, menyebabkannya tumbuh. Hal ini dapat mengarah pada deteksi HPV pada orang yang menderita kanker yang disebabkan oleh faktor lain.

Nantinya, sel-sel tersebut bisa menjadi kanker. Namun, hanya sedikit orang dengan infeksi HPV yang akan mengembangkan kanker. Faktanya, tubuh membersihkan sekitar 90% dari infeksi HPV dalam waktu 2 tahun. Subtipe HPV yang ditemukan di mulut hampir semuanya ditularkan secara seksual, jadi kemungkinan penyebabnya adalah seks oral.

Seperti mengutip Medical News Today, orang yang merokok cenderung tidak dapat membersihkan infeksi HPV karena merokok merusak sel kekebalan di kulit. Ini biasanya membantu melindungi dari kerusakan akibat virus. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada 2007, para peneliti menyarankan bahwa orang yang melakukan seks oral dengan setidaknya enam pasangan berbeda memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker tenggorokan secara signifikan.

Tim merekrut 100 pasien yang baru-baru ini didiagnosis dengan kanker orofaring, serta kelompok kontrol yang terdiri dari 200 orang sehat. Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki setidaknya enam pasangan seks oral selama hidup mereka 3,4 kali lebih mungkin terkena kanker tenggorokan. Mereka yang memiliki 26 atau lebih pasangan seks vaginal memiliki risiko 3,1 kali lipat terkena kanker tenggorokan.

(Baca juga: Orang Tua Harus Ekstra Perhatian Lindungi Anak dari Covid-19 )

Kehadiran HPV oral yang dapat menyebabkan kanker ditemukan dalam penelitian lain sebesar 14,9% pada pria yang merokok tembakau dan memiliki lebih dari lima pasangan seks oral. Pria dengan salah satu faktor risiko tersebut mengalami penurunan risiko kanker tenggorokan sebesar 7,3%. Prevalensi jauh lebih rendah untuk pria (1,7%) dan wanita (0,7%) yang memiliki satu pasangan seks oral seumur hidup atau kurang.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)