Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu

Rabu, 06 Mei 2020 - 14:19 WIB
loading...
Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu
Pemandangan sawah yang sangat indah dan cantik ini ada di Indonesia, terlihat seperti di negeri dongeng. Foto Indonesiatraveler/wisataindo/kemenparkraf/instagram
A A A
Menjelang Idul Fitri tiba, rasa rindu dan kangen pada kampung halaman, pasti banyak dirasakan masyarakat saat ini. Karena wabah COVID-19, kerinduan pulang kampung atau tradisi mudik terpaksa tidak bisa dilakukan.

Biasanya, selain sanak-saudara, yang paling dikangeni saat mudik adalah pemandangan dan suasana pedesaannya. Hal itupula, yang membuat orang-orang rela bermacet-macet ria, atau antre belasan jam agar bisa sampai ke kampung halaman.

Untuk mengobati tak bisa pulang kampung ini, tak ada salahnya melihat-lihat pemandangan yang indah tentang desa kita. Salah satunya adalah pesawahan. Nah, tahukah Anda ternyata Indonesia memiliki banyak persawahan yang indah.

Bahkan ada yang terlihat seperti di negeri dongeng. Berikut beberapa sawah terindah yang dimiliki Indonesia, bahkan masuk dalam jajaran sawah tercantik yang juga menjadi destinasi wisata dunia.

1. Tegallalang, Gianyar Bali

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Pulau Bali memang seperti surga dunia. Tak hanya pantai, desa-desa di Bali juga menyimpan pesona alam luar biasa. Salah satunya terletak di Desa Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Hamparan sawah terasering yang ada seperti sengaja ditata Tuhan untuk kesempurnaan keindahan Pulau Seribu Pura.

Tingginya pengunjung membuat kawasan ini bertabur restauran dan café-café. Bayangkan betapa nikmatnya menyantap makanan sembari menyaksikan lukisan alam yang luar biasa indah. Persawahan terasering berundak-undak yang hijau dan segar dengan udara yang luar biasa sejuk. Kemewahan apa lagi yang melebihi ini?

2. Jatiluwih, Tabanan Bali

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Jatiluwih terletak di Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Persawahan hijau menawan ini terhampar tak kurang dari 600 hektar.
Dibanding Tegallalang yang terletak tak jauh dari berbagai destinasi wisata popular seperti Bedugul, Ubud, dan Kintamani, memang butuh perjuangan lebih mencapai Jatiluwih. Namun, begitu mata menatap kehijauan permadani alam ini, segala lelah perjalanan terbayar lunas.

Zamrud Khatulistiwa, itu julukan para traveler dan fotografer untuk keindahan Jatiluwih. Akan lebih nikmat menatap keindahan Jatiluwih di pagi hari. Udara yang sejuk dan hijaunya persawahan membuat segala kepenatan sontak menguap.

3. Lingko Lodok dan Lingko Cancar, Manggarai

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Nusa Tenggara Timur (NTT) tak hanya punya aset wisata dunia seperti Pulau Komodo, Labuhan Bajo, dan destinasi rumah adat Wae Rebo. Namun, NTT juga memiliki area persawahan Lingko Lodok (persawahan jaring laba-laba). Mengapa disebut jaring laba-laba? Penataan persawahan ini memang unik seperti jari laba-laba.

Persawahan Cancar di Desa Meler, Ruteng, adalah area persawahan paling menawan. Para wisatawan yang hendak berlibur ke Labuhan Bajo atau melintasi Manggarai dari Maumere, Flores bagian timur, pasti tak bisa menahan diri untuk menjadi saksi keindahan Lingko Lodok Cancar.

Keindahan Lingko Lodok Cancar makin sempurna saat disaksikan dari Golo Weol (Puncak Weol). Pemandu akan siap mengantar para turis atau traveler yang ingin menatap indahnya lodok (persawahan laba-laba) dari Golo Weol.

4. Lembah Harau, Sumatera Barat

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah Harau adalah suatu lembah yang subur. Awal memasuki wisata Lembah Harau para pengunjung akan menemukan banyak keindahan yang memukau sepanjang jalan. Karena keindahannya, Lembah Harau banyak dikunjungi wisatawan terutama pengunjung domestik dari daerah Riau, Sumatera Utara dan Jambi.

Lembah Harau terkenal karena mempunyai topografi yang sangat menarik dan merupakan bagian dari Cagar Alam Harau. Dari Lembah Harau, para pengunjung pun akan bisa menyaksikan keberadaan lima air terjun indah.

5. Puncak Gebang Yogyakarta

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Puncak Gebang adalah salah satu obyek wisata baru di Yogyakarta yang terletak di Jalan Dadap Kulon, Bawuran, Pleret, Bantul. Wisata Puncak Gebang berada di atas pegunungan, menyuguhkan pemandangan alamnya pegunungan khas kota Yogya yang mampu membuat siapa saja akan terpesona saat berkunjung ke sini.

Suasana dingin layaknya wisata-wisata lain pegunungan akan membuat sejuk harti dan pikiran. Menghadap ke arah barat, dengan view yang mengesankan membuat Wisata Puncak Gebang sangat cocok untuk para pemburu sunset.

Daya tarik utama para pengunjung Wisata ini adalah hamparan hijau sawah-sawah dan desa-desa dibawahnya yang disajikan secara nyata. Jika berkunjung saat pagi buta, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan Wisata Puncak Gebang yang tengah diselimuti kabut.

6. Bukit Pergasingan, Lombok

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Bukit Pergasingan Lombok, kini muncul ke permukaan sebagai tempat wisata baru yang menjadi favorit bagi wisatawan, terutama pecinta alam dan pendaki gunung. Terletak di Desa Sembalun, Bukit Pergasingan merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi yang terletak disamping Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan memiliki ketinggian 1670 mdpl hanya selisih 56 meter dari Gunung Andong di Magelang, Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan kotak-kotak sawah Desa Sembalun yang berwarna warni. Selain sawah Desa Sembalun, juga terlihat jelas Gunung Rinjani berdiri kokoh di depan mata. Ditambah sunrise di Puncak Bukit Pergasingan juga tak kalah indah dengan sabana cukup luas menghampar.

7. Kemutul Semarang

Kangen Mudik? Pemandangan Sawah Terindah Ini Bisa Menjadi Pengobat Rindu


Desa wisata Kemutul Semarang menyajikan wisata yang unik yaitu adanya jembatan yang instagenik berbentuk bintang dari bambu di tengah hamparan sawah yang indah yang sengaja dibuat untuk para pecinta selfie.

Tidak hanya untuk berfoto ria, di sini pengunjung dapat bersantai di saung atau gazebo yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan hamparan sawah yang indah.
(wid)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0569 seconds (0.1#10.140)