5 Hidangan Alpukat ala Koki Berbintang Michelin

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:14 WIB
loading...
5 Hidangan Alpukat ala Koki Berbintang Michelin
Alpukat merupakan bahan serbaguna yang digunakan dalam berbagai hidangan. koki berbintang Michelin mengungkapkan kecintaan mereka pada alpukat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Alpukat merupakan bahan serbaguna yang digunakan dalam berbagai hidangan . Baik itu sarapan, makan siang, atau makan malam, alpukat dapat dengan mudah menjadi bintang makanan apa pun. Alpukat sumber vitamin C, E, K, dan B-6 yang bagus, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium.

Buah ini juga menyediakan asam lemak lutein, beta-karoten, dan omega-3. Jadi, tidak ada keraguan tentang fakta bahwa alpukat juga baik untuk kesehatan. Baru-baru ini, dalam sebuah wawancara dengan media online Amerika, koki berbintang Michelin mengungkapkan kecintaan mereka pada alpukat dan hidangan yang mereka sukai untuk dimasak bersama.

Hidangan ini tidak diragukan lagi menggugah selera dan sangat mudah dibuat. Jika Anda juga penggemar alpukat, berikut ini beberapa resepnya dilansir dari Times of India. (Baca juga: Studi: Virus Corona Dapat Bertahan di Kulit Hingga 9 Jam )

1. Kentang goreng alpukat
Makanan favorit Chef David Shim ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Cukup membutuhkan 4 bahan yakni 1 buah alpukat, 1 cangkir tepung, 1 butir telur, dan 50 gram remahan roti yang sudah dicampur merica dan garam. Pertama, potong alpukat menjadi irisan. Lapisi setiap irisan dengan tepung dan celupkan ke dalam telur sebelum menutupinya dengan remah roti. Kemudian goreng semua irisan sampai berwarna cokelat keemasan.

2. Alpukat raita
Alpukat raita adalah favorit Chef Srijith Gopinathan yang berbasis di San Francisco. Gopinathan suka menggunakan alpukat dalam raita atau bumbu populer dalam masakan Asia Selatan yang menggabungkan yoghurt dengan berbagai bumbu dan sayuran. Resep raita juga sangat sederhana yakni campurkan 1 alpukat cincang dengan 1 bawang bombay cincang, 1 cangkir yoghurt, 2 sdt jus lemon, 1 sdm jahe cincang, 2 sdm batang ketumbar, 1 buah tomat cincang, dan sedikit garam.

3. Roti panggang alpukat klasik
Roti panggang alpukat klasik adalah favorit Chef Suzette Gresham dan dapat dibuat dengan sangat mudah. Caranya panggang potongan roti sampai berwarna keemasan dan keras. Ambil 1 buah alpukat, potong dan tambahkan sedikit garam. Oleskan alpukat di atas roti panggang, taburi sedikit madu di atasnya, dan taburi garam asap lagi.

4. Salsa alpukat tomatillo
Menurut Chef Dan Kleinhander, ini cocok dengan resep ayam apa pun. Cara membuatnya cukup mudah dan membutuhkan 1 buah alpukat, 1 bawang bombay, 50 gram tomatillo yang sudah dikupas, dibilas, dan dibelah dua, dan 2-3 jalapenos. Masukkan semua bahan ke dalam food processor bersama sedikit garam dan jus lemon, kemudian proses hingga halus. (Baca juga: Diskon 99% SPIN Super Big Sale, Beli Ponsel & Laptop Cuma Seharga Kopi! )

5. Alpukat guacamole
Val Cantu, kepala koki yang berbasis di San Francisco, adalah penggemar berat alpukat guacamole. Dia lebih suka membuatnya tetap sederhana, oleh karena itu resepnya sama mendasarnya yakni potong 1 bawang dan peras dua jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil, tambahkan sedikit garam, dan kemudian rendam bawang dalam air jeruk nipis selama 10-15 menit. Tambahkan 1 alpukat cincang, 3-4 cabai serrano cincang dan 2 sdm daun ketumbar cincang. Campur semuanya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3263 seconds (0.1#10.140)