50 Tahun, #YamahaMusik50 Menginspirasi lewat Suara dan Musik

Selasa, 13 Oktober 2020 - 10:37 WIB
loading...
50 Tahun, #YamahaMusik50 Menginspirasi lewat Suara dan Musik
Dalam kiprahnya selama 50 tahun di Indonesia, Yamaha Musik banyak terlibat dalam berbagai kegiatan musik. Salah satunya kompetisi band Light Music Contest. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dalam kiprahnya selama 50 tahun di Indonesia, Yamaha Musik telah banyak terlibat dalam berbagai kegiatan musik baik menjadi penyelenggara, sebut saja kompetisi band Light Music Contest yang kemudian berganti nama menjadi Band Explosion, dimana banyak musisi ternama Indonesia ikut berpartisipasi, antara lain Yovie Widianto (Kahitna), Trie Utami (Krakatau Band), Ruth Sahanaya, Emerald dan beberapa musisi Indonesia lainnya.

Yamaha juga menjadi sponsor acara musik berskala nasional hingga internasional, seperti Festival Lagu Populer Tingkat Nasional yang sangat terkenal pada masanya serta Java Jazz Festival. (Baca juga: Melly Goeslaw Tegaskan Omnibus Law Tidak Terkait Keluarga Goeslaw )

Perjalanan 50 tahun menapaki music Indonesia, diawali Yamaha ketika perusahaan asal Jepang ini tertarik menjalin kerja sama dalam pengembangan pendidikan popularisasi musik di Indonesia. Dari sinilah Yamaha Musik memulai sejarah perjalanannya di Indonesia sebagai perusahaan yang ingin dapat menginspirasi masyarakat di tanah air dan membantu mereka melangkah maju dalam mengekpresikan kepribadian, emosi dan kreativitas mereka.

Pada 1970, Mr. Yasuke Sato (perwakilan Yamaha Jepang) bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk membicarakan kemungkinan jalinan kerja sama mengenai popularisasi musik di Indonesia.

Pada pertemuan tersebut Sri Sultan mengatakan bahwa yang beliau tahu hanyalah kesenian tradisional, karena hal tersebut kemudian Sri Sultan merekomendasikan sebuah nama yaitu Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso, sebagai seseorang yang tepat untuk memulai kerjasama tersebut dan melalui kecintaan beliau terhadap musik, terbentuklah Yayasan Musik Yamaha, kemudian berganti nama menjadi Yayasan Musik Indonesia.

”Musik adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Musik adalah bahasa universal antar bangsa di dunia. Hal inilah yang mendasari Yamaha Musik untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat di Tanah Air,” Aditya S.Hoegeng Vice President Director PT. Yamaha Musik Indonesia Distributor saat perayaan ulang tahun Yamaha Musik secara daring (12/10/2020).

Sementara, Osamu Izawa President Director PT Yamaha Musik Indonesia Distributor berterima kasih kepada semua yang selalu memberikan dukungan, cinta dan kepercayaannya kepada pihaknya. “Masing-masing dari Anda telah ikut menciptakan sejarah Yamaha di Indonesia,” ujar dia.

50 tahun bukanlah waktu yang singkat dalam sebuah perjalanan usaha. Bukan hanya kesuksesan, tetapi berbagai tantangan dan rintangan juga ikut mewarnai eksistensi Yamaha Musik di Indonesia. Dimulai dari membuka sebuah kursus Electone, sampai sekarang Dealer dan sekolah musik Yamaha telah tersebar di lebih dari 120 lokasi di seluruh Indonesia. Meskipun demikian, Yamaha Musik berkomitmen untuk terus melangkah maju dan memberikan inspirasi serta kebahagiaan kepada masyarakat di tanah air melalui suara dan musik. (Baca juga: Tetap Jaga Protokol Kesehatan di Masa PSBB Transisi )

Memeriahkan 50 tahun, Yamaha akan menggelar berbagai aktivitas online, di antaranya perilisan halaman khusus 50 tahun Yamaha Musik di Indonesia pada situs id.yamaha.com. Ada juga kegiatan online lainnya, yakni Short Movie Contest yang akan diadakan pada pertengahan November 2020, dimana pemenang pertama dari kontes tersebut akan mendapatkan digital piano Clavinova. Menariknya, semua aktivitas perayaan 50 tahun ini akan berlangsung sampai Maret 2021.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)