Cegah Diabetes Selama di Rumah Aja

Rabu, 14 Oktober 2020 - 12:15 WIB
loading...
Cegah Diabetes Selama di Rumah Aja
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Keharusan diam di rumah saja di satu sisi memang dapat mencegah penularan Covid-19 . Namun di sisi lain, karena kegiatan berkurang, berpeluang membuat bobot tubuh naik. Kalau berat badan sudah naik ditambah lagi kurang bergerak, sudah pasti yang terjadi adalah berat badan berlebih atau bahkan obesitas.

Jangan anggap sepele obesitas karena merupakan penyakit. Obesitas menurunkan sistem imunitas sementara di era pandemi, diharapkan daya tahan tubuh tetap fit meski kasus Covid-19 masih tinggi. Imunitas yang rendah ini akhirnya berisiko tingkatkan penyakit kronik. (Baca: Hukum Bercakap-cakap Ketika Berjimak)

Riskesdas 2018 menunjukkan angka berat badan berlebih adalah 13,6% sedangkan obesitas mencapai 21,8%. Totalnya sekira 30%. "Jadi sepertiga dari penduduk Indonesia memiliki berat badan berlebih atau bahkan obesitas," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah - Puri Indah dr Raissa Edwina Djuanda MGizi SpGk.

Lantas bagaimana mencegahnya? Intervensi nutrisi jawabannya yang mencakup: stop merokok, makan makanan sehat, olahraga, dan hindari alkohol berlebihan. Siapa yang berisiko terkena PTM? (Baca juga: Sulap Kecubung Jadi Obat Bius, Siswa MAN I Gresik Juarai Ajang Internasional)

"Untuk mengetahuinya bisa dilihat dari Indeks Massa Tubuh (IMT) dan ukur lingkar pinggang. Lebih dari 80 cm (wanita) berisiko PTM. Sedangkan pria kalau lebih dari 90 cm," urainya.

Tekanan darah, kadar gula darah, kolestrol, fungsi hati dan ginjal, serta gejala klinis adalah parameter lain untuk menentukan apakah berisiko PTM. Dr. Raissa membeberkan untuk sukses diet sebetulnya tidak sulit.

Kuncinya terletak pada makanan, olahraga, gaya hidup sehat. Ketiganya ini tidaklah instan melainkan harus diulang. Ingat, diet bukan berarti tidak makan tapi kurangi makan. Porsi kecil tapi sering, pilih piring yang kecil saja. (Lihat videonya: Sejumlah Aktivis dan Petinggi KAMI Ditangkap Polisi)

Perhatikan jenis yang dimakan, waktunya, lokasi makan, dan bagaimana cara makanan tersebut diolah. Seperti dengan bijak memilah makanan. Perlu diketahui, nasi putih kalorinya 200kal, ayam goreng tepung 520 kal, ayam bakar 150 kal, gorengan persatuan 200 kal, dan es teh manis 100 kal pergelas. Dengan demikian, di rumah saja bukan alasan untuk berat badan naik atau tidak mengatur pola makan sehat. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)