Tips Mengasuh Bayi di Masa Pandemi

loading...
Tips Mengasuh Bayi di Masa Pandemi
Memiliki bayi di masa pandemi seperti sekarang ini terkadang membuat orang tua dilingkupi rasa cemas. Foto: dok/Straithtimes
A+ A-
JAKARTA - Memiliki bayi di masa pandemi seperti sekarang ini terkadang membuat orang tua dilingkupi rasa cemas. Mereka takut si kecil akan tertular covid-19. Apalagi kekebalan tubuh bayi memang belum terlalu kuat. Namun nggak perlu cemas, Anda para orang tua harus tetap bahagia merawat bayi dengan protokol kesehatan.

1. Jaga kebersihan pengasuh

Bila pulang dari bepergian, langsung mandi, cuci rambut, ganti pakaian sebelum memegang bayi. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi. Hindari banyak orang memegang langsung bayi. Anggota keluarga lain mungkin cukup melihatnya dari kejauhan saja. (Baca: Inilah Tabiat Buruk Suami yang Harus Dijauhi)

2. Beri cukup asupan nutrisi



Bila bayi masih full ASI, sang ibu harus cukup mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Bila bayi sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping, berikan dia makanan bernutrisi sesuai tahapannya. Jangan lupa untuk mencuci bersih perlatanan makan bayi dan pisahkan dengan peralatan makan orang dewasa.

3. Jaga bayi agar tetap di rumah saja

Hindari mengajak bayi keluar rumah, kecuali mengunjungi fasilitas kesehatan untuk melakukan imunisasi. Sesekali mengajak si kecil keluar rumah boleh saja, untuk berjemur misalnya. Tapi tetap jaga protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan tetap menggunakan masker. (Lihat videonya: Satukan Tekad untuk Memenangkan Perang Melawan Covid-19)



4. Gunakan masker saat menyusui atau menggendong bayi. Tetap berikan ASI, karena ini yang terbaik untuk bayi.

5. Kunjungi Rumah Sakit untuk keperluan penting saja.

Bila tidak ada keperluan yang sangat mendesak hindari mengajak bayi pergi ke rumah sakit. Untuk imunisasi orang tua bisa menjadwalkan dengan fasilitas kesehatan terdekat saja. Vaksin harus tetap dilakukan secara rutin. (Iman Firmansyah)
(ysw)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top