Biasakan Anak Tetap Aktif Bergerak di Rumah Selama Pandemi

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:15 WIB
loading...
Biasakan Anak Tetap Aktif Bergerak di Rumah Selama Pandemi
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Wabah virus corona membuat anak-anak menjadi kurang kesempatan untuk bermain. Meski begitu, tetap biasakan anak-anak untuk aktif bergerak meski di rumah saja.

Selama di rumah saja, kebebasan anak untuk bermain di luar rumah semakin berkurang. Anak terpaksa belajar secara bebas, kurang dapat bersosialisasi bersama teman-teman, dan belum lagi banyaknya beban aktivitas sekolah dari rumah secara online. Anak-anak pun, mau tak mau, dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan keadaan pandemi. (Baca: Inilah 10 Adab Berbicara Agar Lisan Terjaga)

Orangtua pun dituntut menyesuaikan diri untuk menjalankan berbagai peran sekaligus, yaitu menjadi orang tua, guru, juga sekaligus teman bermain anak. Menyikapi hal ini, dr Annisa Rahmania Yulman SpA, dokter spesialis anak RSUI, mengatakan, meski anak di rumah saja namun mereka harus tetap aktif. Hal ini untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan mereka agar tetap optimal.

“Sedentary lifestyle harus dihindari, harus istirahat cukup dan walaupun di rumah saja. Penggunaan gadget harus bijak walaupun sekolah pun menggunakan gadget. Orang tua harus mempunyai dalih dan strategi untuk mengatur screen time anak,” ujar dokter yang akrab disapa dr Ninis ini.

Menurut dia, screen time untuk anak 0-1 tahun adalah zero atau nol. Tidak boleh ada screen time untuk anak 0-1 tahun. Adapun untuk anak di atas usia 1-2 tahun, orang dewasa harus selalu mendampingi anak-anak dalam memanfaatkan gawainya. Beberapa tanda-tanda anak yang adiksi gawai perlu diwaspadai, seperti anak sulit konsentrasi, mudah tantrum, dan sejenisnya.

Dr Ninis juga menyampaikan bahwa untuk mencapai kualitas kehidupan yang baik dan aktif, anak diharuskan melakukan aktivitas fisik selama waktu tertentu yang berbeda untuk setiap umurnya. Dalam sehari, minimal selama 30 menit aktivitas fisik dianjurkan untuk 0-1 tahun, 180 menit anak umur 1-2 tahun dan umur 3-4 tahun. (Baca juga: Kemendikbud Akan Kembangkan SMK untuk Bangun Desa)

Tentunya, intensitas beratnya aktivitas untuk anak usia 1-2 tahun dan 3-4 tahun berbeda. Dikatakan Ns Mila Sri Wardani, sarjana keperawatan, masa usia dini disebut juga masa keemasan atau golden years yang menyebabkan si kecil mulai peka menerima berbagai macam rangsangan.

Orang tua harus sering merangsang anak-anak selama usia emasnya sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. “Masa peka setiap anak berbeda. Jadi jangan pernah membandingkan satu anak dan anak lainnya, bahkan anak kembar pun berbeda,” ujar Ns Mila.

Pergerakan anak mencakup motorik kasar dan motorik halus tetap harus terpenuhi selama masa pandemi ini. Motorik kasar dan motorik halus harus seimbang dan hal tersebut merupakan kewajiban orang tua untuk menciptakan permainan yang menyenangkan dan mempertimbangkan pergerakan motoriknya. Tentu aja, protokol kesehatan selama masa pandemi ini harus diperhatikan selama bermain bersama anak.

“Walaupun anak masih kecil, orang tua tidak boleh meng-underestimated anak kita. Mereka memang masih kecil tapi mereka dapat mengerti maksud orang tua jika disampaikan dengan bahasa anak-anak,” kata Ns Mila. (Lihat videonya: Pernyataan Bank Dunia Mengenai Undang-Undang Cipta Kerja)

Anak-anak pada masa pandemi ini banyak kehilangan waktu bermain di luar rumah. Karena itu perlu dibantu untuk bermain di dalam rumah. Orang dewasa perlu meningkatkan kreativitasnya sehingga walaupun anak terpaksa bermain dalam rumah, tidak mengalami kebosanan. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)