Anak-Anak dari Segala Usia Bisa Tertular COVID-19

Senin, 19 Oktober 2020 - 10:15 WIB
loading...
A A A
Jarang ada anak mengembangkan kondisi serius yang tampaknya terkait dengan COVID-19. Beberapa ahli berpendapat bahwa anak-anak tidak begitu parah terkena COVID-19, karena ada virus corona lain yang menyebar di masyarakat dan menyebabkan penyakit seperti flu biasa. Karena anak-anak sering masuk angin, sistem kekebalan mereka siap untuk memberi mereka perlindungan terhadap COVID-19.

Mungkin juga sistem kekebalan anak-anak berinteraksi dengan virus secara berbeda dengan sistem kekebalan orang dewasa. Beberapa orang dewasa jatuh sakit karena sistem kekebalan mereka tampaknya bereaksi berlebihan terhadap virus, menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh merek dan lebih kecil kemungkinannya terjadi pada anak-anak.

Meskipun jarang, anak-anak di bawah usia 1 tahun berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah dengan COVID-19 daripada anak-anak yang lebih tua. Ini kemungkinan karena sistem kekebalan mereka belum matang dan saluran udara yang lebih kecil, sehingga membuat mereka lebih mungkin mengembangkan masalah pernapasan dengan infeksi virus pernapasan.

Bayi baru lahir dapat tertular COVID-19 selama persalinan atau melalui paparan perawat yang sakit setelah melahirkan. Jika Anda mengidap COVID-19 atau sedang menunggu hasil tes karena gejalanya, selama rawat inap setelah persalinan disarankan untuk menggunakan masker dan tangan bersih saat merawat bayi Anda. Menaruh tempat tidur bayi di samping tempat tidur Anda selama di rumah sakit tidak masalah, tetapi juga disarankan untuk menjaga jarak yang wajar dari bayi Anda bila memungkinkan.

( )

Ketika langkah-langkah tersebut diambil, risiko bayi baru lahir terinfeksi virus COVID-19 menjadi rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 2%-5% bayi yang lahir dari wanita dengan COVID-19 mendekati waktu melahirkan dites positif terkena virus pada hari-hari setelah lahir. Namun, jika Anda menderita COVID-19 parah, perlu dipisahkan untuk sementara dari bayi Anda.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)