Kapan Penurunan Berat Badan Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2?

loading...
Kapan Penurunan Berat Badan Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2?
Kehilangan lebih dari 5 persen berat badan tanpa penjelasan yang jelas bisa disebabkan oleh diabetes. / Foto: Ilustrasi/Helpguide.org
A+ A-
JAKARTA - Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan.

(Baca juga: Bisa Berikan Tekanan, Psikolog Sarankan PJJ Dilakukan secara Menyenangkan)

Salah satu tanda peringatan utama gula darah tinggi adalah penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Penurunan berat badan adalah salah satu tanda peringatan utama dari kondisi medis yang mendasari.

Menurunkan berat badan beberapa kilogram di sana-sini adalah hal yang normal, terutama jika Anda mengikuti rencana diet penurunan berat badan. Tetapi kehilangan lebih dari 5% berat badan tanpa penjelasan yang jelas bisa disebabkan oleh diabetes.



Menukil dari Daily Express, Selasa (20/10), pasien diabetes lebih berisiko mengalami penurunan berat badan karena tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi, tanpa adanya insulin.

"Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penurunan berat badan yang terjadi secara tidak sengaja dan bisa menjadi tanda peringatan diabetes," tulis situs medis Diabetes.co.uk dalam lamannya.

Pada penderita diabetes, insulin yang tidak mencukupi mencegah tubuh mendapatkan glukosa dari darah ke dalam sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Ketika ini terjadi, tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi, menyebabkan penurunan berat badan secara keseluruhan.



halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top