Tips Membuat Empek-Empek yang Lembut dan Nikmat  

loading...
Tips Membuat Empek-Empek yang Lembut dan Nikmat  
Empek empek. Foto/justtryandtaste
A+ A-
JAKARTA - Empek empek, siapa yang tak kenal makanan khas Palembang ini. Rasanya yang gurih karena berbahan ikan membuat makanan ini disukai hampir semua kalangan. Tak heran bila empek empek tak hanya dijual di Palembang, tapi juga dijumpai di kota-kota lain.Untuk bisa menikmati empek empek, sebagian besar orang memilih untuk membeli ketimbang membuat sendiri. Alasannya, karena susah membuatnya dan ribet. Apalagi yang punya pengalaman gagal membuat makanan ini.

Baca juga : Gurihnya Laksan, Pempek Berkuah Santan untuk Berbuka dan Sahur

Padahal ternyata membuat empek empek tidak sesulit yang Anda bayangkan. Asal tahu triknya, membuat empek-empek bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Nah apa sih rahasia untuk sukses membuat empek-empek yang nikmat. Berikut ini tipsnya:
  1. Pemilihan tepung. Untuk menghasilkan empek empek yang lembut, pemilihan tepung menjadi kuncinya. Sebaiknya pilih tepung tapioka denga kualitas yang baik. Salah satu yang bisa direkomendasikan adalah merk Pak Tani. Bila kualitas tepung tidak baik, maka empek-empek akan keras.
  1. Bahan yang satu ini menjadi penentu rasa empek empek. Porsi ikan yang banyak dan jenis ikan yang tepat akan membuat empek-empek terasa gurih. Ikan tenggiri menjadi pilihan utama untuk membuat empek empek. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan ikan gabus.
  1. Teknik pengadukan. Mengaduk adonan empek-empek harus dilakukan dengan hati-hati. Aduk ikan ikan hati-hati dan jangan diremas-remas. Nah apalagi saat mengaduk tepung tapioka, lakukan dengan hati, jangan ditekan dan diremas berlebihan karena akan membuat empek-empek keras.
  1. Untuk membuat cuka yang kental, manis dan pedas sebaiknya gunakan gula aren. Sebaiknya hindari menggunakan gula merah biasa, karena rasanya akan kurang mantap. Untuk rasa asam, banyak pilhan bahan yang bisa digunakan seperti asam jawa, cuka, dan jeruk nipis.


(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top