Waspada! 4 Kondisi Ini Tandakan Sesuatu yang Serius saat Anda Merasakan Perut Kembung

Kamis, 22 Oktober 2020 - 08:24 WIB
loading...
Waspada! 4 Kondisi Ini Tandakan Sesuatu yang Serius saat Anda Merasakan Perut Kembung
Perut kembung menandakan terlalu banyak gas menyumbat saluran pencernaan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Perut kembung menandakan terlalu banyak gas menyumbat saluran pencernaan. Hasilnya cenderung berupa pembengkakan perut yang tidak nyaman. Paling sering kondisi ini bukan alasan untuk khawatir, tetapi mengalami salah satu dari empat kejadian berikut secara bersamaan dengan pembengkakan bisa menandakan sesuatu yang lebih serius.

Seseorang mengalami kembung yang parah ketika gejalanya disebabkan oleh suatu kondisi yang memerlukan perhatian medis segera. Penting untuk memahami tanda dan gejala peringatan yang mungkin mengindikasikan sesuatu yang tidak menyenangkan.

( )

Kebanyakan kembung mereda setelah beberapa jam atau setelah minum obat yang tepat, tetapi terkadang kembung tetap ada dan dapat menyebabkan nyeri yang menyiksa. Pakar kesehatan Dr Oz menjelaskan bahwa jika seseorang merasa kembung mengganggu kehidupan mereka dan memiliki dampak negatif yang terus-menerus, ini bisa menjadi tanda bahaya.

Berikut empat kondisi yang menandakan sesuatu yang lebih serius saat perut kembung, seperti dilansir dari laman Express, Kamis (22/10).

1. Penurunan Berat Badan
Penurunan berat badan adalah salah satu tanda peringatan utama untuk kembung yang menandakan sesuatu yang berpotensi lebih serius. Jika seseorang menemukan dirinya kehilangan lebih dari beberapa kilogram tanpa mengubah pola makannya atau memulai rejimen olahraga baru, itu harus menjadi perhatian.

Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh tumor yang menekan usus, membuat seseorang merasa kenyang setelah hanya makan sedikit. Penurunan berat badan juga bisa berasal dari zat yang disekresikan oleh tumor yang menekan nafsu makan.

2. Perubahan Kebiasaan Toilet
Aplikasi kesehatan Now Patient menjelaskan bahawa jika seseorang mengalami perubahan di luar kebiasaan ke kamar mandi seperti diare terus-menerus, perlu buang air lebih sering, atau darah di tinja, menunjukkan bahwa Anda memiliki sesuatu yang memerlukan perhatian medis.

3. Kelelahan
Rasa lelah yang terus-menerus dikombinasikan dengan kembung dapat dikaitkan dengan banyak hal, tetapi tidak boleh diabaikan.

( )

4. Perubahan Nafsu Makan
Jika Anda mulai merasa kenyang saat makan lebih sedikit atau nafsu makan Anda tidak sebanyak dulu, bicarakan dengan dokter tentang gejala Anda.

Tak jarang, perut kembung mungkin dikarenakan kondisi serius lain. Orang dengan batu empedu atau penyakit kandung empedu mengalami sakit perut hebat yang menyerupai kembung. Kanker perut atau usus juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan perut dan kembung.

Asites merupakan kondisi lain yang menyebabkan sakit perut dan kembung. Asites adalah penumpukan cairan di rongga perut selama periode waktu tertentu. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah penyakit hati.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)