Menyehatkan, Begini Cara Buat Brokoli Udang Saus Bawang Putih

Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:07 WIB
loading...
Menyehatkan, Begini Cara Buat Brokoli Udang Saus Bawang Putih
Brokoli adalah pembangkit tenaga nutrisi yang penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Anda pun bisa mengolahnya menjadi hidangan lezat. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Brokoli adalah pembangkit tenaga nutrisi yang penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Sayuran berwarna hijau ini dikemas dengan vitamin, mineral dan senyawa bioaktif. Kandungan antioksidan pada brokoli memberikan efek perlindungan kesehatan.

Selain itu, kandungan bioaktif pada brokoli juga terbukti mengurangi peradangan. Seluruh manfaat ini bisa didapat dengan mengonsumsi brokoli secara rutin. Anda bisa mengolah brokoli menjadi berbagai macam hidangan menggugah selera seperti brokoli udang saus bawang putih. Dikutip dari Instagram @resep_masakan_indonesia, berikut membuat Brokoli Udang Saus Bawang Putih. (Baca juga: Cara Mudah Buat Kue Pukis, Cocok Jadi Teman Minum Teh saat Hujan )

Bahan-bahan:
250 gram udang
150 gram brokoli
2 siung bawang putih, geprek cincang halus

Bahan marinasi udang:
1 cm jahe parut
1 butir kecil bawang putih parut
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
1 sdm air jeruk nipis

Bahan saus:
1 sdm kecap asin
2 sdm saus tiram
1/4 sdt merica
1 sdt gula pasir
80 ml air
1 sdt maizena

Cara membuat:
Potong brokoli perkuntum. Rendam dengan air garam selama 10 menit agar serangga, lumpur dan lainnya keluar. Lalu bilas dengan air mengalir. Tiriskan. Bersihkan kepala dan kulit udang. (Baca juga: Chris Pratt Dijuluki Chris Hollywood Terburuk, Pemain "Avengers" Beri Pembelaan )

Belah bagian punggung lalu keluarkan isi perutnya. Campur udang dengan bumbu marinasi. Diamkan sekitar 15 menit. Didihkan air lalu tambahkan brokoli. Blanching selama 1 menit. Angkat dan tiriskan.

Goreng udang sekitar 2 menit. Angkat dan tiriskan. Tumis bawang putih dengan minyak bekas menggoreng udang sampai harum. Tambahkan udang, brokoli, bahan saus. Aduk-aduk. Test dan koreksi rasa. Angkat dan sajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)