Anang Hermansyah Operasi Lambung akibat Maag, Baiknya Kenali Penyakit Ini

Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:38 WIB
loading...
Anang Hermansyah Operasi Lambung akibat Maag, Baiknya Kenali Penyakit Ini
Anang Hermansyah baru saja menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bali karena mengidap penyakit lambung kronis. Anda pun baiknya mengenal penyakit ini. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Musisi Anang Hermansyah baru saja menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bali karena mengidap penyakit lambung kronis.

"Guys ini aku masih nggliyeng (pusing) habis operasi guys, Bali the best bukan hanya pemandangan yang indah masyarakat enak dan religious tapi dokter dokternya gila top banget, proses operasi gak berasa apa apa dan sudah selesai tinggal liat hasilnya mudah mudahan hasilnya bagus doakan guys Bali top,” kata Anang dalam unggahan video di Instagram Story. (Baca juga: Sakit Lambung, Anang Hermansyah Berhasil Jalani Operasi di Bali )

Sebelumnya, Ashanty mengaku penyakit suaminya itu disebabkan karena maag. Akibatnya, Anang harus menjalani endoskopi lambung atau operasi kecil.

"Kena maag, dan paling parah adalah kakinya sakit. Tapi kan lucu kita ngecek sakitnya tapi yang parah kronis itu lambungnya jadi mungkin harus diendoskopi, operasi kecil," jelas Ashanty dalam channel YouTube The Hermansyah A6.

Dilansir Healt Line, sakit maag yang juga dikenal sebagai tukak lambung adalah luka yang menyakitkan di lapisan perut. Sakit maag adalah salah satu jenis penyakit tukak lambung. Tukak lambung adalah tukak yang menyerang lambung dan usus kecil.

Sakit maag terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang. Ini memungkinkan asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi lambung, menyebabkan tukak. Sakit maag mungkin mudah disembuhkan, tetapi bisa menjadi parah tanpa pengobatan yang tepat.

Sakit maag hampir selalu disebabkan oleh infeksi dengan bakteri helicobacter pylori (H. pylori), penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen. Meski jarang, kondisi yang dikenal sebagai sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan tukak lambung dan usus dengan meningkatkan produksi asam tubuh. Sindrom ini diduga menyebabkan kurang dari 1% dari semua tukak lambung.

Sejumlah gejala berhubungan dengan sakit maag. Tingkat keparahan gejala tergantung pada tingkat keparahan ulkus. Gejala yang paling umum adalah sensasi terbakar atau nyeri di tengah perut di antara dada dan pusar. Biasanya, rasa sakit akan semakin hebat saat perut Anda kosong, dan bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. (Baca juga: Makanan Pantangan Sakit Asam Lambung Seperti Anang Hermansyah )

Tanda dan gejala umum lainnya meliputi nyeri tumpul di perut, penurunan berat badan, tidak mau makan karena kesakitan, mual atau muntah, kembung, merasa mudah kenyang, bersendawa atau refluks asam, mulas, sensasi terbakar di dada, nyeri yang mungkin membaik saat Anda makan, minum, atau mengonsumsi antasida, anemia yang gejalanya meliputi kelelahan, sesak napas, atau kulit pucat, tinja berwarna gelap, muntahan yang berdarah atau terlihat seperti bubuk kopi.

Bicaralah dengan dokter jika Anda memiliki gejala sakit maag. Meskipun ketidaknyamanan mungkin ringan, tukak dapat memburuk jika tidak diobati. Borok berdarah bisa mengancam jiwa.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)