Cegah Maag Kronis Seperti Anang Dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:45 WIB
loading...
Cegah Maag Kronis Seperti Anang Dengan Cuci Tangan Pakai Sabun
Cuci tangan dengan sabun bisa mengindari kuman. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Untuk mencegah penyebaran bakteri yang mungkin menyebabkan sakit maag, para ahli menyarankan untuk cuci tangan dengan sabun dan air secara teratur. Selain itu, pastikan untuk membersihkan semua makanan dengan benar dan memasaknya secara menyeluruh sesuai kebutuhan.

Untuk mencegah sakit maag yang disebabkan oleh obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), hentikan penggunaan obat-obatan ini jika memungkinkan atau batasi penggunaannya. Jika Anda perlu minum NSAID, pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan hindari alkohol saat minum obat ini.

Pastikan juga selalu minum obat ini dengan makanan dan cairan yang cukup. Stres dapat memperburuk gejala sakit maag. Cari tahu apa yang menyebabkan masalah bagi Anda dan lihat bagaimana Anda dapat menghadapinya dengan lebih baik. Misalnya, cukup tidur dapat membantu mengatasi hal itu. Itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Merokok dan mengonsumsi alkohol membuat Anda lebih mungkin terkena sakit maag. Keduanya mengencerkan lapisan lendir yang melindungi lambung dari asam, sehingga menghasilkan lebih banyak asam. Mintalah dokter untuk merekomendasikan program untuk membantu berhenti merokok dan bicarakan seberapa banyak alkohol yang aman untuk Anda minum.

Baca juga : Sakit Lambung, Anang Hermansyah Berhasil Jalani Operasi di Bali

Dilansir dari Health Line, Kamis (22/10) sakit maag yang juga dikenal sebagai tukak lambung, adalah luka yang menyakitkan di lapisan perut. Sakit maag adalah salah satu jenis penyakit tukak lambung. Tukak lambung adalah tukak yang menyerang lambung dan usus kecil.

Sakit maag terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang. Ini memungkinkan asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi lambung, menyebabkan tukak. Sakit maag mungkin mudah disembuhkan, tetapi bisa menjadi parah tanpa pengobatan yang tepat.

Sakit maag hampir selalu disebabkan oleh infeksi dengan bakteri helicobacter pylori (H. pylori), penggunaan jangka panjang NSAID, seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen. Meski jarang, kondisi yang dikenal sebagai sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan tukak lambung dan usus dengan meningkatkan produksi asam tubuh. Sindrom ini diduga menyebabkan kurang dari 1% dari semua tukak lambung.

Sejumlah gejala berhubungan dengan sakit maag. Tingkat keparahan gejala tergantung pada tingkat keparahan ulkus. Gejala yang paling umum adalah sensasi terbakar atau nyeri di tengah perut di antara dada dan pusar. Biasanya, rasa sakit akan semakin hebat saat perut Anda kosong, dan bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam.

Tanda dan gejala umum lainnya meliputi nyeri tumpul di perut, penurunan berat badan, tidak mau makan karena kesakitan, mual atau muntah, kembung, merasa mudah kenyang, bersendawa atau refluks asam, mulas, sensasi terbakar di dada, nyeri yang mungkin membaik saat makan, minum atau mengonsumsi antasida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)