Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:47 WIB
loading...
Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio
Di antara banyak musisi dan band dunia yang pernah rekaman di Abbey Road Studio, terdapat juga sejumlah band Tanah Air yang juga sempat mencicipinya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Nama studio rekaman Abbey Road Studio yang terletak di St John's Wood, Westminster, Inggris merupakan sebuah studio rekaman legendaris. Sebagian besar musisi dunia sangat mengidamkan dan menjadi kebanggan tersendiri dapat memproduksi karya mereka di studio ini.

(Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Anugerah Musik Indonesia Awards 2020 )

Studio yang didirikan perusahaan rekaman EMI pada 1931 ini pernah digunakan merekam album-album musisi legendaris dunia seperti The Beatles , Rolling Stone, Cliff Richard, Pink Floyd, dan banyak lainya. Tak ayal jika studio ini menjadi studio rekaman paling terkenal di Britania Raya, bahkan dunia.

Di antara banyak musisi dan band dunia yang pernah menjalani proses rekaman di Abbey Road Studio, terdapat juga sejumlah band Tanah Air yang sempat mencicipi rekaman di studio tersebut. Dan berikut ini lima band Indonesia yang pernah mencicipi dahsyatnya Abbey Road Studio.

1. d'Masiv

Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio


Grup band d'Masiv menandai 17 tahun perjalanan di industri musik Tanah Air dengan merilis album bertajuk Live Acoustic @Abbey Road, Inggris. Mimpi seluruh personel untuk rekaman di Abbey Road Studio akhirnya terwujud. Rian Ekky Pradipta dkk pun berhasil merekam ulang 20 lagu hits d'Masiv yang terdiri dari 10 lagu elektrik dan 10 lagu versi akustik.

Perjalanan band yang diperkuat Rian (vokal), Rama (gitar), Kiki (gitar), Ray (bass) dan Wahyu (drum) dalam menuju London dihiasi berbagai cerita unik. Mulai dari Kiki yang ditinggal rekan-rekannya karena tidak mendapatkan visa jelang keberangkatan ke London, lalu tidak tersedianya slot untuk rekaman, hingga waktu yang singkat mengharuskan mereka merekam 20 lagu tanpa mengulang. Tentunya hal itu semua menguras tenaga dan pikiran personel band asal Ciledug ini.

Gitaris Nurul Damar Ramadan atau yang akrab disapa Rama mengungkapkan bahwa d'Masiv bisa rekaman di Abbey Road tentu merupakan satu cita-cita yang cukup besar. Mereka pun memperoleh kesempatan napak tilas proses rekaman band dunia di sana seperti The Beatles, Led Zeppelin, Queen dan lainnya.

2. Maliq & D'Essentials

Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio


Dalam momen 17 tahun menjalani karier di dunia musik, Maliq & D'Essentials melakukan rekaman untuk DVD bertajuk Maliq & D'Essentials: Essentials Hits Recorded Live in London. Mereka menjalani rekaman di Abbey Road Studio pada awal September lalu.

Selama di studio legendaris tersebut, Maliq & D'Essentials merekam ulang beberapa lagu pilihan dari album pertama sampai ketujuh. Hal ini merupakan sebuah perwujudan mimpi dari seluruh personel band yakni Angga Puradiredja (vokal), Indah (vokal), Arya Aditya Ramadhya atau Lale (gitar), Widi Puradiredja (drum), Jawa (bas) dan Ilman Ibrahim (kibor).

"Jujur ini merupakan salah satu mimpi besar kita sebagai musisi. Biasanya hanya mixing dan mastering untuk album melalui aplikasi. Akan tetapi, kali ini bisa dapat kesempatan untuk rekaman langsung di Abbey Road. Karenanya, mengapa rekaman ini menjadi sangat spesial selain merayakan 17 tahun Maliq & D'Essentials," ujar sang drummer Widi Puradiredja saat peluncuran Maliq & D'Essentials: Essential Hits DVD Recorded Live in London, di Kemang, Jakarta.

3. J-Rocks

Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio


Ada sebuah ungkapan "Jika kamu tidak bisa menjadi yang terbaik, jadilah yang pertama". Maka J-Rocks patut berbangga karena menjadi salah satu dari dua variabel di atas atas pencapaiannya menjadi band Indonesia pertama yang rekaman di Abbey Road Studio.

Kesempatan mencicipi studio legendaris itu bisa didapat setelah J-Rocks memenangkan sebuah kompetisi kreativitas dalam ajang musik bergengsi Soundrenaline pada 2008. Dalam bukunya yang berjudul Untuk Bintangku, diceritakan bagaimana effort band dan manajemen yang tidak sekadar memenangkan hadiah tapi lebih ke penyampaian tema yang mereka usung Save Our Music and Culture.

Ontologi dari hasil rekaman di Abbey Road ini adalah sebuah mini album berjudul Road To Abbey dengan cover yang menyerupai pionir pose tersebut. Yang lebih membanggakan adalah ketika peringatan 40 tahunnya Abbey Road Imitation The Beatles Pose, koran lokal di Inggris menampilkan 40 foto band yang merekonstruksi adegan legendaris itu. Dimulai dari urutan pertama adalah The Beatles dan di urutan terakhir diisi J-Rocks.

4. Gigi

Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio


Momen 20 tahun Gigi pada 2014 dijadikan sebuah kebanggaan dalam karier bermusik mereka. Di pengujung 2013, Gigi memutuskan untuk merekam album di Abbey Road sebagai bentuk dari perayaan tersebut.

Langkah tersebut terbilang berani karena penjualan fisik pada saat itu sedang lesu. Dikatakan pula bahwa biaya produksi untuk rekaman ini sangatlah besar. Dengan perbandingan merekam biasa, maka biaya satu rekaman di Abbey Road bisa menghasilkan 10 rekaman biasa, menurut Dani Pete yang merupakan manajer band Gigi.

Akhirnya album spesial ini dirilis dengan judul Live at Abbey Road pada 2014, bertepatan dengan dua dekade karier bermusik Gigi. Album ini pun menjadi album termahal sepanjang karier bermusik band yang saat ini diperkuat Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bass), dan Gusti Hendy (drum).

5. /rif

Lima Band Tanah Air yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio


Nama terakhir adalah /rif. Band rock lawas ini mendapat kesempatan rekaman di Abbey Road pada Maret 2015. Kesmepatan itu diperoleh /rif saat bekerja sama dengan promotor Trilogy Live. Hal ini juga untuk memperingati 21 tahun karier bermusik /rif di Tanah Air. /rif memiliki mimpi untuk bisa melebarkan jangkauan bermusiknya ke negara-negara lain.

Dengan target dan mimpi untuk melebarkan sayap ke dunia global, maka kualitas sebuah album rekaman harus memiliki standar yang tinggi. Nama Abbey Road sebagai sebuah studio legendaris tentu tidak bisa diabaikan. Apalagi ada nama-nama beken seperti Sam Okell yang terlibat di album Foster The Poster, Counting Crows dan Volta terpilih sebagai mixing engineer. Juga ada Geoff Pesche yang pernah mengerjakan mastering album Gorillaz, Kylie Minogue, hingga Coldplay.

(Baca juga: Tissa Biani Buka-bukaan Proses Jadiannya dengan Dul Jaelani )

Bersama Trilogy Live, rentetan perjalanan karier /rif langsung terlihat kemajuannya. Seperti bisa bermain /rif di acara Canadian Music Week yang seleksinya amat ketat. Juga tampil di Incheon, Korea Selatan; Osaka dan Tokyo di Jepang. Jadwal manggung itu berdekatan dengan rekaman di Abbey Road. Momentum yang tepat untuk melebarkan sayap. Single Turn Off The Lights adalah single yang dirilis dari hasil rekaman di Abbey Road ini.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)