Gurih Pedas, Olahan Ikan Berbumbu Merica Khas Rembang

Minggu, 25 Oktober 2020 - 10:03 WIB
loading...
Gurih Pedas, Olahan Ikan Berbumbu Merica Khas Rembang
Kelo Mrico, menu olahan ikan dengan bumbu merica dan rempah khas Rembang, Jawa Tengah yang gurih dan pedas. Foto/Ahmad Antoni
A A A
JAKARTA - Ikan diolah menjadi sup, mungkin sudah pernah Anda rasakan. Tapi bagaiman jika ikan dimasak dengan bumbu merica? Ya, nmenu ini bisa ditemui di Kabupateng Rembang, Jawa Tengah. Menu ini bahkan sudah menjadi andalan menjadi suguhan andalan di desa wisata Tasikharjo, Kecamatan Kaliori.

Namanya yang asing, mengundang rasa tahu pengunjung, terutama dari luar kota. Seperti apa kelo mrico dan bagaimana rasanya? Kelo mrico adalah menu sejenis sup ikan, yamg berisi ikan dukang atau yang biasa dikenal ikan sembilang.

Kuahnya kekuningan dengan bumbu rempah yang kuat, sehingga tak terasa amis saat disantap. Bedanya dengan sup lain, penambahan merica yang banyak yang membuat kelo mrico semakin sedap, wangi, dan pedas. Pas untuk hidangan makan siang, dipadukan dengan nasi hangat, sambal, dan gorengan.

Baca juga : Coba Yuk! Ayam Panggang Klaten yang Berasa Bumbu Rempahnya

Damini (50), perempuan asal Dukuh Wates RT 2 RW 3, Desa Tasikharjo, salah satu pembuatnya. Sambil memraktikkan cara membuatnya, Damini mengungkapkan, bahan menu kelo mrico, adalah merica, ikan dukang segar yang baru ditangkap hari itu, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, ketumbar, kunyit, kemiri, garam. Bumbu-bumbu itu dihaluskan menggunakan cobek hingga lembut.

Cara mengolahnya sederhana. Ikan dukang dimasak dalam panci dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian, bumbu halus dimasukkan dan diberi rasa hingga masak. Menurutnya, rasanya yang segar dan pedas, dengan gurih ikan yang masih segar, membuat kelo mrico disukai warga dan para pengunjung.

“Pokoknya kalau nelayan dapat ikan dukang pasti dimasak sayur merica,” ungkapnya sembari memasukkan garam sambil sesekali mencicipi masakannya.

Baca juga : 7 Rempah Pengganti Garam, Nikmat dan Menyehatkan

Damini mengungkapkan keistimewaan menu kelo mrico dibanding menu lainnya adalah rasa segarnya yang tiada dua. Aroma mericanya yang pedas menyengat, dipadu dengan cita rasa yang muncul dari rempah-rempah bumbu, seolah memunculkan sensasi santap luar biasa. Hal itu, bagi si penyantap, kian menambah selera makan kelo mrico.

“Pedas tapi ya tergantung selera orang juga,” ungkapnya diamini kakaknya, Ana (55) yang dari tadi ikut membantu. Ana menambahkan, baginya kelo mrico adalah makanan yang ngangeni. Dia yang kerap merantau ke Banten untuk bekerja, seringkali rindu dengan menu kelo mrico. Untuk mengobati keinginan menyantap menu warisan, dia memasaknya sendiri.

“Saya kan sering merantau. Merantaunya di Banten. Sering kangen sama menu kelo mrico. Jadi ya buat sendiri, tapi ikannya gak begitu segar. Di sini (Dukuh Wates) mudah cari ikan segar,” jelasnya.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)