Tak Perlu Khawatir Liburan di Masa Pandemi, Asalkan Ikuti Tips Berikut ini!

Senin, 26 Oktober 2020 - 10:42 WIB
loading...
Tak Perlu Khawatir Liburan di Masa Pandemi, Asalkan Ikuti Tips Berikut ini!
Berlibur selama pandmi, sebaiknya tetap jaga protokol kesehatan agar liburan aman nyaman. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Long weekeng sudah di depan mata. Mungin Anda dan keluarga sudah mempunyai agenda untuk liburan. Tapi ingat ya, di masa pandemi Covid-19 ini sebaiknya Anda harus lebih waspada saat traveling. Sebaiknya tetap lakukan protokol kesehatan saat bepergian. Apa saja yang harus diperhatikan saat traveling di masa pandemi? Simak tips berikut ini:

Baca juga : Punya Destinasi Populer, Gilimanuk Bangkitkan Wisata Bali Barat

1. Hindari hoax, cari informasi yang benar.

Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi terkini paparan wabah virus di negara tujuan, apakah masih cukup aman untuk dikunjungi atau justru berisiko tinggi, tentunya kita tidak akan berani ambil risiko membawa keluarga tercinta ke area yang berpotensi tinggi tersebar wabah virus disaat sedang berlibur kesana. Pastikan mencari pemberitaan yang benar dan bukan hoax agar tidak merasa was-was selama liburan.

2. Gunakan masker saat berada di area publik.

Saat berada di tengah keramaian terutama spot yang dipenuhi turis, sebaiknya selalu menggunakan masker, dianjurkan bahkan menggunakan Masker N95 yang dapat mencegah terhirupnya virus dan partikel halus karena kita tidak pernah tahu apakah turis lainnya berada dalam kondisi yang fit atau tidak.

3. Hindari banyak kontak fisik di area publik.

Bawa barang-barang penting yang akan digunakan sepanjang perjalanan dan mampu mengurangi kontak fisik di area publik. Membawa camilan serta botol minuman sendiri yang telah diisi di hotel akan berguna untuk mengurangi keluar-masuk minimarket, membawa JavaMifi dari tanah air juga sangat direkomendasikan, selain memudahkan perjalanan dengan koneksi internet 4G unlimited tentunya juga agar tidak perlu mengantri lama serta bersentuhan di outlet penjualan simcard dan sewa wifi yang dihampiri oleh banyak orang dari berbagai negara.

Baca juga : Perlunya Menekankan Wisata Sehat di Tengah Pandemi

4. Istirahat dengan cukup adalah kewajiban.

Waktu yang terbatas saat berlibur seringkali memaksa kita mengunjungi banyak tempat tanpa memedulikan kondisi tubuh, pastikan tubuh tetap fit dengan makan makanan bergizi serta tidur minimal 6 jam dalam satu hari selama di negara tujuan.

5. Perhatikan kesehatan tubuh.

Penting bagi kita memastikan tetap dalam keadaan sehat baik sebelum berangkat maupun setelah kepulangan dari luar negeri. Menyiapkan obat-obatan darurat pribadi dan mengonsumsi vitamin sebelum keberangkatan sangat diperlukan. Apalagi dengan kondisi virus yang sedang mewabah, tak ada salahnya kita mengantisipasi dengan vaksin. Bahkan dengan adanya asuransi kesehatan selama perjalanan, akan menambah proteksi keamanan diri.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)