Jenis Kulit Sensitif Memerlukan Perhatian Khusus dalam Perawatan

Rabu, 28 Oktober 2020 - 04:34 WIB
loading...
Jenis Kulit Sensitif Memerlukan Perhatian Khusus dalam Perawatan
Jenis kulit sensitif memerlukan perhatian khusus dalam perawatan, serta harus memperhatikan kandungan bahan dari produk perawatan yang digunakan. / Foto: Ilustrasi/WebMD
A A A
JAKARTA - Sebelum menggunakan produk perawatan kulit sebaiknya kenali dulu kulit Anda. Pasalnya, terdapat berbagai macam varian produk perawatan yang tersebar di pasaran. Apabila produk perawatan tersebut tidak cocok dengan jenis kulit, maka akan menimbulkan petaka.

(Baca juga: Billy Syahputra dan Amanda Manopo Buka-bukaan di Silet Awards )

Umumnya. jenis kulit terbagi dalam kulit sensitif, mudah berjerawat, kering, berminyak, maupun normal. "Rasakan dulu, basic-nya kulit kita gimana. Produksi minyaknya seberapa banyak, gimana reaksinya dengan perubahan cuaca, berpengaruh banget enggak? Apakah gampang kemerahan? Ini harus dirasakan," ungkap dr. Listya Paramita, Spp.KK dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Apabila kulit Anda sering kali mengalami keluhan seperti ruam, kemerahan, gatal, kering, bruntusan, mudah berjerawat, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit, maka kemungkinan besar Anda memiliki kulit yang sensitif. Penyebabnya beragam, bisa karena udara, bahan kimia dari produk kecantikan apapun yang digunakan, bisa juga dari makanan yang dikonsumsi.

Jenis kulit sensitif memerlukan perhatian khusus dalam perawatan, serta harus memperhatikan kandungan bahan dari produk perawatan yang digunakan. "Sebaiknya gunakan produk yang sifatnya menenangkan, membuat kalem, rileks, salah satunya pilih yang mengandung centella asiatica. Ini relatif aman, bisa menenangkan kulit," ujar dr. Listya Paramita yang juga memberitahukan untuk mempertimbangkan produk dengan formula hypoallergenic.

Salah satu skincare yang menggunakan formula hypoallergenic serta mengandung centella asiatica adalah SNP Prep Cicaronic. Rangkaian skincare ini berfungsi menenangkan serta merawat kulit wajah yang sensitif. Maret lalu, Shining Nature Purity (SNP) juga menghadirkan rangkaian skincare untuk semua jenis kulit berbahan dasar peptide dan hyaluronic acid dalam SNP Prep Peptaronic.

SNP Prep terdiri dari empat rangkaian perawatan yakni Toning Essence, SOS Ampoule, Soothing Cream, dan Daily Mask. Masing-masing rangkaian memiliki fungsi dan manfaat tersendiri, seperti Toning Essence yang merupakan toner dengan fungsi menenangkan kulit, mengembalikan kelembapan kulit yang lelah, serta memberi energi pada kulit.

Jenis Kulit Sensitif Memerlukan Perhatian Khusus dalam Perawatan


Sedangkan SOS Ampoule berfungsi menenangkan kulit yang lelah dalam 7 hari, membantu regenerasi kulit, dan mencerahkan kulit tanpa rasa lengket. Lalu, Soothing Cream, krim yang selain menenangkan dan merestorasi kulit, juga melembapkan, menghaluskan tekstur kulit, serta memberikan nutrisi. Sebagai pelengkap rangkaian perawatan adalah Daily Mask yang merupakan masker wajah yang dapat digunakan setiap hari untuk kulit sensitif.

Keempat varian tersebut memiliki kandungan utama Trio Cica yakni Centella Asiatica Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, dan Madecassoside untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif. "Saya sudah mencoba juga produk ini, yang tonernya, kemudian moisturizernya. Menurut saya, enak banget sih, pas di kulit orang yang tinggal di daerah tropis," ucap dr. Listya Paramita.

(Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Perencanaan Keuangan yang Baik )

Sementara itu, pemilik kulit sensitif juga perlu menjaga kulit tetap bersih dan hindari kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih. Pastikan, selalu membersihkan wajah pagi dan malam hari. Menggunakan sun screen saat beraktivitas di luar untuk menghindari kemerahan, dan jaga kulitmu agar senantiasa lembap.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)