Peringati Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Temporer

Kamis, 29 Oktober 2020 - 20:56 WIB
loading...
Peringati Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Temporer
Museum Sumpah Pemuda ingin menyebarluaskan informasi terkait sejarah Sumpah Pemuda yang menanamkan sifat nasionalisme, kepeloporan, jiwa persatuan dan kesatuan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pameran temporer bertajuk Mr. Sartono, Sang Pejuang Demokrasi digelar Museum Sumpah Pemuda mulai 28 Oktober hingga 13 November 2020. Pameran ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 . Benda-benda bersejarah bukti perjuangan milik Raden Mas Sartono atau Mr. Sartono sebagai seorang tokoh Sumpah Pemuda akan dipamerkan di Ruang Pameran Temporer Mr. Sartono.

(Baca juga: Dimas Seto Berharap yang Hina Nabi Muhammad di Prancis Dapat Hidayah )

Mr. Sartono merupakan salah seorang tokoh perjuangan demokrasi di Indonesia. Nama Sartono dikenal bermula ketika Polisi Kolonial Belanda mencoba menghentikan Kongres Pemuda Kedua di Jakarta karena salah seorang peserta berbicara tentang kemerdekaan. Sebagai seorang nasionalis yang juga merupakan Sarjana Hukum lulusan Universitas Leiden Belanda, Sartono tidak bergeming.

Dia kemudian mengemukakan perihal kebebasan berpendapat di muka umum yang didasari pendapat para dosennya di Leiden. Polisi Kolonial Belanda kemudian dibuat tidak berkutik dan kongres dilanjutkan hingga melahirkan Sumpah Pemuda.

Kepala Museum Sumpah Pemuda, Titik Umi Kurniawati mengatakan, Pameran Temporer Mr. Sartono merupakan langkah Museum Sumpah Pemuda menyebarluaskan informasi terkait sejarah Sumpah Pemuda yang menanamkan sifat nasionalisme, kepeloporan, jiwa persatuan dan kesatuan.

"Peristiwa Sumpah Pemuda sendiri adalah penanda era baru bagi sejarah perkembangan bangsa Indonesia karena isi dari Sumpah Pemuda merupakan modal dasar bagi berdirinya sebuah Negara yaitu Tanah Air, bangsa dan bahasa," ujar Titik di Jakarta, Rabu (28/10).

Lebih jauh, Titik mengungkapkan bahwa langkah nyata tersebut diwujudkan melalui pameran koleksi terbaru yang merupakan hibahan dari keluarga Mr. Sartono semasa menjadi tokoh Sumpah Pemuda, baik berupa foto dokumentasi maupun benda bukti sejarah perjuangan. Pada kegiatan ini Museum Sumpah Pemuda juga akan meluncurkan logo baru yang lebih dinamis. Sebanyak 5.000 pengunjung ditargetkan untuk dapat menyaksikan acara ini baik secara langsung maupun virtual.

Sementara itu, Museum Sumpah Pemuda juga mencoba berkolaborasi dengan Rumah Millennials, sebuah komunitas anak muda yang memiliki semangat untuk berdaya, berkarya dan bermakna. Komunitas yang digawangi para profesional dengan beragam latar belakang ini memiliki komitmen berperan menstimulasi generasi muda untuk lebih aktif berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

(Baca juga: 10 Kiat Aman Menggunakan Toilet Umum saat Pandemi Covid-19 )

Dalam kerjasamanya, Rumah Millennials turut membantu menyukseskan rangkaian acara mulai dari menyusun konsep acara hingga mewujudkannya menjadi sebuah sajian menarik untuk dinikmati pengunjung.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4116 seconds (0.1#10.140)