Tiga Bahan Herbal Ini Bisa Dimanfaatkan untuk Perkuat Imun Tubuh

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 01:21 WIB
loading...
Tiga Bahan Herbal Ini Bisa Dimanfaatkan untuk Perkuat Imun Tubuh
Imunomodulator merupakan zat yang berfungsi untuk memodifikasi respons imun terhadap antigen dari dalam maupun luar tubuh atau benda asing yang mengancam. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, sangat penting bagi kita untuk menambah imunitas dalam tubuh. Pasalnya, dengan imunitas yang baik, maka tubuh dapat melawan berbagai virus, bakteri dan parasit penyebab penyakit.

(Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Pola Makan Vegetarian )

Salah satu yang dapat dilakukan adalah meningkatkan Imunomodulator yakni zat yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh secara optimal dari infeksi atau mikroorganisme seperti virus, bakteri atau parasit. Imunomodulator berbahan alami dapat diperoleh dari tanaman herbal asli Indonesia, di antaranya meniran, daun kelor, dan kunyit.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, M.Si. memaparkan, Imunomodulator merupakan zat yang berfungsi untuk memodifikasi respons imun terhadap antigen dari dalam tubuh maupun luar tubuh atau benda asing yang mengancam kesehatan.

"Imunomodulator bekerja dengan menstimulasi mekanisme pertahanan spesifik (satu jenis antigen) dan nonspesifik (berbagai macam antigen). Selain itu, Imunomodulator juga berperan sebagai imunostimulan, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh," kata dr. Inggrid dalam Media Launch Imugard, baru-baru ini.

Menurutnya, mengonsumsi Imunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting, terlebih saat ini masyarakat sedang menghadapi ancaman virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 .

Lebih lanjut, dr. Inggrid mengutarakan bahwa masyarakat dapat memperoleh zat Imunomodulator dengan mengonsumsi tanaman herbal, seperti meniran, daun kelor dan kunyit, baik dalam bentuk segar maupun produk siap minum.

Mengonsumsi Imunomodulator alami yang berasal dari ketiga herbal tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu panjang dan tanpa batas durasi maksimal. Pasalnya meniran, daun kelor dan kunyit secara umum tidak memiliki kontraindikasi yang membahayakan tubuh.

"Meski begitu, penggunaan Imunomodulator yang sifatnya imunostimulan kuat sebaiknya dibatasi selama 6-8 minggu atau dengan konsultasi dokter, sebab dikhawatirkan dapat mencetuskan penyakit autoimun dan memperparah alergi," terang dr. Inggrid.

Dia menambahkan, meniran terbukti secara ilmiah sebagai imunostimulan yang berfungsi meningkatkan sistem imun spesifik dan nonspesifik. Sementara Daun kelor kaya akan nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, dan berbagai vitamin, serta berfungsi juga sebagai imunomodulator.

(Baca juga: Kaya Nutrisi, Kedelai Layak di Konsumsi di Masa Pandemi )

"Kunyit juga dapat membantu memelihara sistem saluran pencernaan sehingga meningkatkan absorpsi nutrisi pada saluran pencernaan, serta sebagai antiviral, anti inflamasi yang berfungsi sebagai imunomodulator," ucap dr. Inggrid.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)