Resep Kroket Keju Meleleh, Camilan Spesial saat Kumpul Keluarga

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 17:03 WIB
loading...
Resep Kroket Keju Meleleh, Camilan Spesial saat Kumpul Keluarga
Salah satu makanan yang sempat viral yaitu brulee bomb, sejenis cheese croquette yang dicocol sambal dan saus keju. Di Indonesia, Anda bisa buat Kroket Keju Meleleh. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Salah satu makanan yang sempat viral yaitu brulee bomb, sejenis cheese croquette yang dicocol dengan sambal dan saus keju.

Croquette atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kroket, merupakan makanan berbahan dasar kentang yang dibalut tepung roti dan digoreng. Kudapan ini menawarkan tekstur yang renyah di luar dengan keju yang meleleh di dalamnya. (Baca juga: Soto Kambing Kuah Merah, Cocok Dinikmati saat Libur Panjang )

Kroket cocok jadi camilan untuk anak-anak dan keluarga selama long weekend atau libur panjang. Anda pun dapat membuatnya dengan mudah di rumah, bahkan tanpa kentang. Penasaran cara membuatnya seperti apa? Berikut resep membuat kroket keju meleleh dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan.

Bahan-bahan:
Isian:
½ siung bawang bombai, parut
2 sosis ayam, iris
5 jamur champignon, iris
4 sdm parmesan
50 gr mozarella, iris kotak

Adonan brulee:
3 sdm mentega
1 sdm olive oil atau minyak
65 gr tepung terigu protein sedang
ÂĽ sdt pala
½ sdt garam
1 sdt gula
ÂĽ sdt merica
225 ml susu
225 ml fresh cream

Coating:
2 butir telur
100 gr tepung terigu protein sedang
80 ml susu
½ sdt garam
ÂĽ sdt merica
150 gr bread crumbs

Pelengkap:
Saus keju
Sambal kering

Cara membuat:
Panaskan wajan, tumis jamur dengan olive oil atau minyak hingga kering lalu tambahkan bawang bombai parut dan sosis, tumis lagi hingga kecokelatan, sisihkan. Lelehkan mentega, tambahkan tepung terigu lalu aduk hingga rata. (Baca juga: Taylor Swift Setuju Lagu Miliknya untuk Dukung Joe Biden-Harris )

Tuang susu dan cream sambil terus diaduk bumbui dengan gula, garam, merica, dan pala lalu masak hingga mengental. Masukkan tumisan jamur dan keju parmesan lalu aduk rata, sisihkan dan biarkan dingin.

Setelah dingin masukkan keju mozarella, aduk rata dan tuang ke dalam tray kemudian tutup dengan cling wrap dan simpan di lemari es atau freezer. Untuk coating, campurkan telur, susu, tepung terigu, garam, dan merica lalu aduk hingga rata.

Setelah adonan padat, basahi telapak tangan kemudian bulat-bulatkan dan gulingkan di atas tepung dan masukkan ke dalam adonan tepung basah aduk hingga permukaannya terlumuri semua kemudian gulingkan di atas bread crumbs hingga rata, lakukan hingga adonan habis.

Panaskan minyak, goreng kroket hingga cokelat keemasan. Kroket keju siap disajikan dengan suas keju dan sambal kering.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)