Soto Kambing Kuah Merah, Cocok Dinikmati saat Libur Panjang

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 06:12 WIB
loading...
Soto Kambing Kuah Merah, Cocok Dinikmati saat Libur Panjang
Libur panjang kerap diselimuti udara dingin karena curah hujan yang mulai sering turun. Anda yang mencari makanan penghangat bisa coba Soto Kambing Kuah Merah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Long weekend atau libur panjang kali ini kerap diselimuti udara dingin karena curah hujan yang mulai sering turun. Anda yang mencari makanan penghangat saat hujan, bisa mencoba soto kambing kuah merah.

Soto kambing tanpa santan, dengan kuah merah yang sedikit pedas dan gurih. Makanan ini semakin nikmat disajikan bersama lontong ataupun ketupat. Taburi dengan bawang goreng dan daun bawang untuk rasa dan aroma yang lebih lezat. (Baca juga: 5 Aneka Camilan Antigemuk yang Bisa Dinikmati Selama Long Weekend )

Tertarik untuk mencobanya? Berikut resep membuat Soto Kambing Kuah Merah seperti dikutip dari Endeustv.

Bahan-bahan:
800 g daging kambing, potong 3 cm
2 l air
2 ½ sdt garam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
4 sdm minyak goreng
10 lembar daun jeruk
4 batang serai bagian putih, memarkan
3 cm kayu manis
1 sdt kaldu sapi

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabai merah
1 sdt ketumbar sangrai
1 sdt merica bubuk
ÂĽ sdt jintan sangrai
2 cm jahe

Pelengkap:
Lontong atau ketupat
2 sdm bawang goreng
2 sdm daun bawang iris
1 sdm seledri iris
Air jeruk nipis
Emping goreng
Sambal cabai rawit

Cara membuat:
Rebus daging kambing dalam panci, didihkan. Tambahkan garam, daun salam, dan lengkuas. Kecilkan api, rebus perlahan hingga daging empuk. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, serai, dan kayu manis. Aduk hingga harum dan bumbu matang, angkat. (Baca juga: Ketahuan, Joe Taslim Gunakan Bahasa Korea yang Hampir Punah di Film SwordMan )

Masukkan bumbu tumis dan kaldu sapi ke dalam panci daging. Masak hingga bumbu meresap, ukur kaldunya sebanyak kurang lebih 1,5 liter. Jika kurang, tambahkan air panas secukupnya. Didihkan, aduk. Angkat.

Masukkan daging beserta kuahnya ke dalam mangkuk saji, taburi bawang goreng, daun bawang dan seledri. Bubuhkan air jeruk nipis, kecap manis dan emping goreng. Hidangkan selagi panas dengan sambal cabai rawit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)