Tetap Aman Berkunjung ke Rumah Sakit di Masa Pandemi

Senin, 02 November 2020 - 11:35 WIB
loading...
Tetap Aman Berkunjung ke Rumah Sakit di Masa Pandemi
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang sering dihindari pada masa pandemi ini. Kekhawatiran akan tertular Covid-19 menjadi penyebabnya. Padahal beberapa pemeriksaan rutin dan imunisasi si kecil harus tetap dijalani. Bagaimana menyiasati agar kunjungan ke rumah sakit tetap aman?

Memasuki pertengahan tahun, angka pasien Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Berbagai upaya preventif masih terus dilakukan, termasuk memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dalam beraktivitas sehari-hari. Meskipun aktivitas masyarakat mulai berangsur normal, kekhawatiran akan tertular penyakit ini masih membayangi. (Baca: Kehebatan Seseorang Bisa Diukur dari 3 Perkara Ini)

Banyak warga masyarakat yang masih segan menggunakan transportasi umum atau mengunjungi tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, pasar, kantor, tempat pelayanan umum publik hingga rumah sakit. Padahal beberapa pemeriksaan rutin, konsultasi dokter, atau imunisasi si kecil harus tetap dijalani.

“Ada beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya tidak menunda pemeriksaan kesehatan di masa new normal, yaitu mereka yang memiliki gangguan kesehatan metabolis seperti diabetes, kolesterol, hipertensi; mereka yang memiliki masalah jantung dan kardiovaskular, ibu hamil, dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi,” ungkap dr Felix Samuel, MKes, dari RS Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. (Lihat videonya: Kerajinan Tangan Bali yang Kerap Jadi Incaran Wisatawan)

Menurutnya, konsultasi secara tatap muka dengan dokter sebaiknya tetap dilakukan bagi pasien dengan kondisi kesehatan tertentu. Pada sesi konsultasi tatap muka ini dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan kondisi pasien secara lebih menyeluruh. (Iman Firmansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)